get app
inews
Aa Read Next : Alfamart dan DLH Cilacap Gelar Pasar Murah Ramadhan 2024

Ganjar Pernah Kembangkan Pilot Project di Cilacap demi Wujudkan Transisi Energi dengan Kapal Listrik

Kamis, 19 Oktober 2023 | 16:22 WIB
header img
Calon Presiden, Ganjar Pranowo, terus mendukung transisi energi di wilayah Jawa Tengah dengan meluncurkan program bantuan Kapal listrik bagi para nelayan di sana.  Foto: Ist

CILACAP, iNews.id - Calon Presiden, Ganjar Pranowo, terus mendukung transisi energi di wilayah Jawa Tengah dengan meluncurkan program bantuan Kapal listrik bagi para nelayan di sana. 

Dalam inisiatifnya ini, Ganjar mengajak para nelayan di Cilacap untuk beralih dari mesin Kapal yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) ke mesin listrik yang menggunakan baterai sebagai sumber energi.

"Kita harus berani melakukan tindakan cepat, apa itu transisi energi ke energi ramah lingkungan. Hari ini produk-produknya sudah jadi, sekarang yang perlu dilakukan adalah eksekusi," kata Ganjar di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/08/2023).

Program ini telah mendapatkan banyak pujian dan pendorongannya oleh para ahli ekonomi, seperti Andhika Nurwin, yang melihatnya sebagai inisiatif yang sangat baik untuk transisi energi dengan potensi untuk diterapkan secara nasional.

Menurut Andhika, program ini merupakan tonggak awal yang kuat dalam peralihan dari penggunaan energi fosil yang tidak berkelanjutan menjadi energi bersih dan terbarukan

"Menurut saya program ini sudah sangat baik sebagai inisiasi dari peralihan yang sebelumnya menggunakan energi fosil atau tidak terbarukan menjadi energi bersih dan juga terbarukan," ujar Andhika dalam keterangannya, Sabtu (12/08/2023).

Dari perspektif permintaan, penggunaan Kapal listrik di wilayah Ibukota Negara Baru (IKN), terutama di Pulau Kalimantan, memiliki manfaat ganda. Sebagian besar wilayah IKN memiliki sungai-sungai yang panjang dan luas. Jika Kapal listrik digunakan secara massal oleh nelayan, ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan sektor perikanan.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut