get app
inews
Aa Read Next : Cilacap Jadi Tuan Rumah Bergengsi Pra Popda Banyumas 2024, PJ Bupati Cilacap: Selamat Bertanding

Ganjar Pernah Kembangkan Pilot Project di Cilacap demi Wujudkan Transisi Energi dengan Kapal Listrik

Kamis, 19 Oktober 2023 | 16:22 WIB
header img
Calon Presiden, Ganjar Pranowo, terus mendukung transisi energi di wilayah Jawa Tengah dengan meluncurkan program bantuan Kapal listrik bagi para nelayan di sana.  Foto: Ist

CILACAP, iNews.id - Calon Presiden, Ganjar Pranowo, terus mendukung transisi energi di wilayah Jawa Tengah dengan meluncurkan program bantuan Kapal listrik bagi para nelayan di sana. 

Dalam inisiatifnya ini, Ganjar mengajak para nelayan di Cilacap untuk beralih dari mesin Kapal yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) ke mesin listrik yang menggunakan baterai sebagai sumber energi.

"Kita harus berani melakukan tindakan cepat, apa itu transisi energi ke energi ramah lingkungan. Hari ini produk-produknya sudah jadi, sekarang yang perlu dilakukan adalah eksekusi," kata Ganjar di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/08/2023).

Program ini telah mendapatkan banyak pujian dan pendorongannya oleh para ahli ekonomi, seperti Andhika Nurwin, yang melihatnya sebagai inisiatif yang sangat baik untuk transisi energi dengan potensi untuk diterapkan secara nasional.

Menurut Andhika, program ini merupakan tonggak awal yang kuat dalam peralihan dari penggunaan energi fosil yang tidak berkelanjutan menjadi energi bersih dan terbarukan

"Menurut saya program ini sudah sangat baik sebagai inisiasi dari peralihan yang sebelumnya menggunakan energi fosil atau tidak terbarukan menjadi energi bersih dan juga terbarukan," ujar Andhika dalam keterangannya, Sabtu (12/08/2023).

Dari perspektif permintaan, penggunaan Kapal listrik di wilayah Ibukota Negara Baru (IKN), terutama di Pulau Kalimantan, memiliki manfaat ganda. Sebagian besar wilayah IKN memiliki sungai-sungai yang panjang dan luas. Jika Kapal listrik digunakan secara massal oleh nelayan, ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan sektor perikanan.

Andhika juga mengungkapkan bahwa Kapal listrik dapat digunakan sebagai sarana transportasi antar daerah, terutama di wilayah dengan perairan yang luas. Ini berarti Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan transisi energi dalam transportasi air yang ditenagai oleh listrik yang kuat, bukan hanya dari sisi pasokan energi tetapi juga dari sisi permintaan.

"Kemudian Kapal listrik juga bisa digunakan sebagai alat transportasi antar daerah terutama daerah yang mempunyai wilayah air yang cukup luas. Maka Indonesia bisa mengembangkan transportasi air dengan energi listrik yang kuat, tidak hanya di supply side tapi juga di demand side," papar Andhika.

Selain itu, Andhika menyebutkan bahwa transisi energi Kapal listrik dapat mengurangi ketergantungan masyarakat pada bahan bakar minyak (BBM). Ini menjadi relevan terutama ketika isu subsidi BBM selalu menjadi perdebatan, terutama ketika BBM yang digunakan adalah jenis subsidi seperti solar subsidi, premium, dan pertalite.

Oleh karena itu, Andhika berharap bahwa program Kapal listrik yang dicanangkan oleh Ganjar dapat diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia.

"Program kapal listrik yang dicanangkan oleh Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar Pranowo sudah sangat baik dan mudah-mudahan bisa implementasi ke wilayah-wilayah Indonesia yang lainnya yang lebih luas," pungkasnya.
Sebelumnya Ganjar Pranowo memang kerap mempromosikan perwujudan ekonomi sirkuler. Selama dua periode pemerintahannya sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah berhasil menciptakan ekonomi sirkular yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat Jawa Tengah. Keberhasilan ini terwujud berkat upaya nyata dalam mengembangkan sumber energi baru terbarukan (EBT).
 
Dengan tekad kuatnya, Ganjar Pranowo dalam mengembangkan EBT mendapatkan berbagai pengakuan dan apresiasi yang luar biasa, terutama dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut