get app
inews
Aa Read Next : 8 Peluang Usaha Menjanjikan di Kabupaten Cilacap, Bisnis Mudah Dengan Omset Ratusan Juta

Gubernur Jateng Dorong Siswa SMK Mampu Terjun ke Dunia Kerja, Ganjar: Kuasai Soft Skill

Kamis, 02 Februari 2023 | 20:58 WIB
header img
Gubernur Jateng Dorong Siswa SMK Mampu Terjun ke Dunia Kerja, Ganjar: Kuasai Soft Skill. Foto: Dok Kominfo Cilacap

CILACAP, iNewsCilacap.id Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong agar siswa siswi sekolah vokasi atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mampu terjun langsung ke dunia kerja. Maka para siswa SMK diharapkan mampu memiliki soft skill seperti kemampuan berkomunikasi, beradaptasi, manajemen waktu dan bekerja dalam tim.

Hal tersebut disampaikan Ganjar Pranowo saat berdialog dengan siswa SMK, SMA, SLB Se-Kabupaten Cilacap di SMK Negeri 1 Cilacap, Kamis (2/2/2023).

“Nah tadi disebutkan anak-anak SMK ini menguasai keterampilan, tapi ternyata malu-malu berkomunikasi, kurang mampu beradaptasi, mungkin masih belum bisa bekerja tim. Ini yang perlu kita dorong. Agar anak-anak nanti lulus sudah siap bekerja. Masuk langsung tanpa tes,” kata Ganjar Pranowo.

Untuk mendukung hal tersebut, Ganjar bahkan mengizinkan perusahaan untuk membentuk kurikulum baru agar bisa sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Tadi saya sampaikan ke PLN juga, PLN rutin tidak membuka rekrutmen? Katanya iya. Lalu saya tanya lagi, bisa gak PLN bekerjasama dengan SMK? Saya kasih kesempatan untuk membuat kurikulumnya. Nanti dari sana bisa diajarkan kemampuan-kemampuan tambahan untuk bekal di dunia kerja yang saat ini belum diajarkan di sekolah,” katanya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut