get app
inews
Aa Read Next : Dibuka! Pendaftaran Anggota Panwaslu Kecamatan Kabupaten Cilacap, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Terluas di Jawa Tengah, Ini Daftar Kecamatan di Kabupaten Cilacap

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 19:37 WIB
header img
Kabupaten Cilacap sendiri terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan secara administratif memiliki 24 Kecamatan, 269 Desa dan 15 Kelurahan. Foto: Google Maps

10. Kecamatan Gandrungmangu 

Kecamatan yang berjarak sekitar 73 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Cilacap ini kecamatan ke empat terluas di kabupaten tersebut.

Kecamatan Gandrungmangu memiliki empat belas desa, meliputi Desa Bulusari, Cinangsi, Cisumur, Gandrungmangu, Gandrungmanis, Gintungreja, Karanganyar, Karanggintung, Kertajaya, Layansari, Muktisari, Rungkang, Sidaurip, dan Wringinharjo.

11. Kecamatan Bantarsari 

Kecamatan yang berjarak sekitar 41 kilometer dari ibu kota Kabupaten Cilacap ini terdapat delapan desa, meliputi Desa Bantarsari, Binangun, Bulaksari, Cikedondong, Citembong, Kamulyan, Kedungwadas, dan Rawajaya.

12. Kecamatan Kawunganten

Kecamatan ini memiliki dua belas desa meliputi, Desa Babakan, Bojong, Bringkeng, Grugu, Kalijeruk, Kawunganten, Kawunganten Lor, Kubangkangkung, Mentasan, Sarwadadi, Sidaurip dan Ujungmanik.

13. Kampung Laut 

Kamoung laut secara geografis terletak di sisi Barat Jawa Tengah dan berbatasan dengan Jawa Barat.

Kecamatan Kampung Laut adalah wilayah pemekaran dari Kecamatan Kawunganten, yang terdapat empat desa.

Keempat desa itu meliputi Desa Ujungalang, Desa Ujunggagak, Desa Klaces dan Desa Panikel. 

14. Kecamatan Jeruklegi 

Kecamatan Jeruklegi ini terdapat 13 desa, meliputi Desa Brebeg, Cilibang, Citepus, Jambusari, Jeruklegi Kulon, Jeruklegi Wetan, Karangkemiri, Mendala, Prapagan, Sawangan, Sumingkir, Tritih Lor, dan Tritih Wetan.   

15. Kesugihan 

Kecamatan yang pusat pemerintahannya berada di Desa Kesugihan Kidul ini terdapat 16 desa, meliputi Desa Bulupayung, Ciwuni, Dondong, Jangrana, Kalisabuk, Karangjengkol, Karangkandri, Keleng, Kesugihan, Kesugihan Kidul, Kuripan, Kuripan Kidul, Menganti, Pesanggrahan, Planjan, dan Slarang.

16. Adipala

Kecamatan yang memiliki jarak 24 kilometer dari pemerintahan Kabupaten Cilacap ini terdapat 16 desa, meliputi Desa Adipala, Adiraja, Adireja Kulon, Adireja Wetan, Bunton, Doplang, Glempangpasir, Gombolharjo, Kalikudi, Karanganyar, Karangbenda, Karangsari, Pedasong, Penggalang, Welahan Wetan dan Wlahar.

17. Maos 

Pemerintahan Kecamatan Maos terdapat sepuluh desa, meliputi Desa Glempang, Kalijaran, Karangkemiri, Karangreja, Karangrena, Klapagada, Maos Kidul, Maos Lor, Mernek dan Penisihan.

18. Sampang 

Kecamatan Sampang yang merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Maos pada tahun 1995 ini terdapat sepuluh desa, meliputi Desa Brani, Karangasem, Karangjati, Karangtengah, Ketanggung, Nusajati, Paberasan, Paketingan, Sampang, dan Sidasari. 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut