get app
inews
Aa Read Next : Dibuka! Pendaftaran Anggota Panwaslu Kecamatan Kabupaten Cilacap, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Terluas di Jawa Tengah, Ini Daftar Kecamatan di Kabupaten Cilacap

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 19:37 WIB
header img
Kabupaten Cilacap sendiri terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan secara administratif memiliki 24 Kecamatan, 269 Desa dan 15 Kelurahan. Foto: Google Maps

CILACAP, iNewsCilacap.id - Daftar Kecamatan di Kabupaten Cilacap bakal diulas dalam artikel berikut ini. Apalagi Kabupaten Cilacap merupakan Kabupaten terluas di Provinsi Jawa Tengah.

Kabupaten Cilacap sendiri terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan secara administratif memiliki 24 Kecamatan, 269 Desa dan 15 Kelurahan.

Dengan berbagai kecamatan, desa, kelurahan, RW, dan RT, Kabupaten Cilacap memiliki keragaman wilayah administratif yang luas dan beragam.

Daftar Kecamatan di Kabupaten Cilacap

1. Kecamatan Dayeuhluhur 

Kecamatan yang secara geografis menjadi daerah perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat, yang salah satunya dibatasi oleh Gunung Subang dan Gunung Bongkok memiliki 14 desa. 

Keempat belas desa tesebut meliputi, Desa Bingkeng, Bolang, Cijeruk, Cilumping, Ciwalen, Datar, Dayeuhluhur, Hanum, Kutaagung, Matenggeng, Panulisan, Panulisan Barat, Panulisan Timur, dan Sumpinghayu.

2. Kecamatan Wanareja

Kecamatan yang berjarak sekitar 98 kilometer dari ibu kota kabupaten ini memiliki desa sebanyak 16 desa.

Keenambelas desa itu meiputi, Desa Adimulya, Bantar, Cigintung, Cilongkrang, Jambu, Limbangan, Madura, Madusari, Majingklak, Malabar, Palugon, Purwasari, Sidamulya, Tambaksari, Tarisi, dan Wanareja

3. Kecamatan Majenang 

Secara geografis, kecamatan ini terletak paling utara. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Brebes, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Cimanggu, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Cipari, dan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Wanareja.

Majenang yang dapat disebut sebagai daerah "peralihan" Sunda-Jawa. Artinya, di wilayah Majenang ini bahasa ibu yang dipakai terdiri dari Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa. Kecamatan Majenang ini memiliki 17 desa.

Ketujuhbelas desa tersebut meliputi, Desa Bener, Boja, Cibeunying, Cilopadang, Jenang, Mulyadadi, Mulyasari, Padangjaya, Padangsari, Pahonjean, Pengadegan, Sadabumi, Sadahayu, Salebu, Sepatnunggal, Sindangsari, dan Ujungbarang.

4. Kecamatan Cimanggu

Kecamatan yang secara geografis terletak berbatasan dengan Kabupaten Brebes, sebagian besar warganya bersuku Sunda.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut