get app
inews
Aa Read Next : Terluas di Jawa Tengah, Ini Daftar Kecamatan di Kabupaten Cilacap

Turunkan Stunting Ini Upaya Kecamatan Maos Cilacap

Kamis, 21 September 2023 | 19:18 WIB
header img
Turunkan Stunting, Ini Upaya yang Kecamatan Maos. Foto: Dok Kominfo Cilacap

CILACAP, iNewsCilacap.id - Pemerintah Kecamatan Maos terus mengupayakan penurunan angka stunting di wilayahnya, meskipun berdasarkan data terbaru menunjukkan penurunan. 

Camat Maos, Trias Handayani seperti dilansir dari laman resmi cilacap.go.id, mengatakan, angka stunting di Kecamatan Maos semula mencapai 94 kasus, kini turun menjadi 75 kasus setelah adanya program pemberian makanan tambahan selama 90 hari. Jumlah kasus tersebut tersebar di sepuluh desa.

"Untuk terus menurunkan angka stunting, Pemerintah Kabupaten Cilacap memiliki program Kancing Merah merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam menanggulangi stunting," kata Trias, Kamis (21/9/2023).

Karena itu, Trias minta dukungan penuh dari pemerintah desa di Kecamatan Maos serta masyarakat dalam menjalankan program Kancing Merah supaya penanganan stunting dapat diselesaikan dan anak tumbuh sesuai dengan usianya.

Camat Maos mengatakan itu pada acara Edukasi Program Kancing Merah dan Penanganan Stunting Kader Posyandu, serta Sarasehan Kesehatan Reproduksi Remaja dan Calon Pengantin.

Sementara menurut Penjabat Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar mengatakan diperlukan strategi untuk mendorong masyarakat dalam memberikan asupan makanan bergizi kepada anak-anaknya. 

"Karena itu perlunya edukasi kepada para orang tua dari balita yang beresiko stunting, peran aktif RT, RW, dan kepala desa dalam menerapkan visi bersama untuk mengatasi stunting," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Cilacap, Taufik Nurhidayat yang turut hadir dalam acara tersebut menyatakan edukasi program tersebut harus dilandasi dengan semangat gotong royong agar upaya yang dilakukan dapat mencapai hasil optimal.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut