get app
inews
Aa Read Next : Terbaru! 12 Bakal Calon Gubernur 2024 yang Diperkirakan Maju, Siapa yang Berpotensi Memimpin?

7 Fakta Menarik Tentang Cilacap, Memiliki Nusakambangan hingga Jadi Kabupaten Terluas di Jateng

Senin, 10 Juli 2023 | 15:16 WIB
header img
7 Fakta Menarik Tentang Cilacap, Memiliki Nusakambangan hingga Jadi Kabupaten Terluas di Jateng. (Foto: Instagram@faishalamr)

CILACAP, iNewsCilacap.id - Terdapat banyak fakta menarik tentang Cilacap, Kabupaten yang berada paling ujung Barat Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Jawa Barat serta samudera Hindia di sisi Selatan. Dengan luas wilayah yang mencapai 2.124,47 kilometer persegi, Cilacap menjadi Kabupaten terluas di Jawa Tengah.

Banyak hal menarik yang dapat diulas tentang Kabupaten terluas di Jawa Tengah ini. Selain memiliki Alcatraz-nya Indonesia, sederet fakta menarik tentang Cilacap akan dirangkum iNewsCilacap.id dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Fakta Menarik Tentang Cilacap

1. Memiliki Dua Bahasa

Fakta menarik tentang Cilacap adalah soal bahasa, Kabupaten yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat ini juga didominasi oleh budaya dan tradisi suku Sunda. Oleh sebab itu, penduduk Kabupaten Cilacap memiliki tradisi dan kebudayaan suku Sunda dan suku Jawa. Banyak diantara masyarakat di Kabupaten Cilacap yang bertutur dalam bahasa Sunda, khususnya yang masyarakat yang berada di kecamatan-kecamatan yang memang berbatasan langsung dengan Jawa Barat. Kecamatan-kecamatan ini diantaranya Dayeuhluhur, Wanareja, Kedungreja, Patimuan, Majenang, Cimanggu, dan Karangpucung. Bahasa Sunda di Jawa Tengah ini disebabkan adanya penguasa Kerajaan Galuh pada masa lampau di wilayah Cilacap.

2. Adanya Pulau Nusakambangan


Pulau Nusakambangan terlihat dari Segara Anakan. (Foto: Elde Joyosemito)

 

Apa yang kalian ketahui tentang Pulau Nusakambangan? pastinya menakutkan, angker, seram, pulau penjara. Ya Pulau Nusakambangan merupakan Alcatraz-nya Indonesia. Pulau yang terkenal dengan penjara berkeamanan tingkat tinggi memiliki beberapa Lembaga Permasyarakatan (Lapas) ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, Cilacap pada sisi selatan pulau. 

Meski berada di pulau penjara, tapi masyarakat umum masih bisa mengunjungi beberapa kawasan yang ada di Pulau Nusakambangan dan menikmati panorama alam yang begitu memukau. Khususnya kawasan yang jauh dari penjara, seperti, Pantai Karang Bolong dan Pantai Karangpandan. Untuk mencapai kawasan pantai di Pulau Nusakambangan ini, wisatawan cukup menggunakan perahu nelayan dari pantai Teluk Penyu.

3. Kabupaten Terluas di Jawa Tengah


Jadi Kabupaten Terluas di Jateng. Foto: Tangkapan Layar

 

Fakta menarik tentang Cilacap selanjutnya adalah luas wilayah. Kabupaten Cilacap memiliki wilayah mencapai 2.124,47 kilometer persegi atau wilayah terluas di Provinsi Jawa Tengah yang mencapai 6,2 persen dari total wilayah Jawa Tengah. Bahkan, luas wilayah Cilacap disebut tiga kali lebih luas dari Negara Singapura yang hanya memiliki luas sekitar 722,5 km persegi. Begitu luasnya, Kabupaten Cilacap bahkan memiliki dua kode telepon, yakni 0282 dan 0280.

4. Kota Industri

Selain menjadi wilayah terluas di Jawa Tengah, fakta menarik tentang Cilacap berikutnya adalah industri. Cilacap memiliki banyak sumber daya alam, dan wilayah yang startegis karena berbatasan langsung dengan samudera Hindia, sehingga banyak berdiri industri-industri besar di kabupaten Cilacap.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut