get app
inews
Aa Read Next : Dibuka! Pendaftaran Anggota Panwaslu Kecamatan Kabupaten Cilacap, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Terluas di Jawa Tengah, Ini Daftar Kecamatan di Kabupaten Cilacap

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 19:37 WIB
header img
Kabupaten Cilacap sendiri terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan secara administratif memiliki 24 Kecamatan, 269 Desa dan 15 Kelurahan. Foto: Google Maps

CILACAP, iNewsCilacap.id - Daftar Kecamatan di Kabupaten Cilacap bakal diulas dalam artikel berikut ini. Apalagi Kabupaten Cilacap merupakan Kabupaten terluas di Provinsi Jawa Tengah.

Kabupaten Cilacap sendiri terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan secara administratif memiliki 24 Kecamatan, 269 Desa dan 15 Kelurahan.

Dengan berbagai kecamatan, desa, kelurahan, RW, dan RT, Kabupaten Cilacap memiliki keragaman wilayah administratif yang luas dan beragam.

Daftar Kecamatan di Kabupaten Cilacap

1. Kecamatan Dayeuhluhur 

Kecamatan yang secara geografis menjadi daerah perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat, yang salah satunya dibatasi oleh Gunung Subang dan Gunung Bongkok memiliki 14 desa. 

Keempat belas desa tesebut meliputi, Desa Bingkeng, Bolang, Cijeruk, Cilumping, Ciwalen, Datar, Dayeuhluhur, Hanum, Kutaagung, Matenggeng, Panulisan, Panulisan Barat, Panulisan Timur, dan Sumpinghayu.

2. Kecamatan Wanareja

Kecamatan yang berjarak sekitar 98 kilometer dari ibu kota kabupaten ini memiliki desa sebanyak 16 desa.

Keenambelas desa itu meiputi, Desa Adimulya, Bantar, Cigintung, Cilongkrang, Jambu, Limbangan, Madura, Madusari, Majingklak, Malabar, Palugon, Purwasari, Sidamulya, Tambaksari, Tarisi, dan Wanareja

3. Kecamatan Majenang 

Secara geografis, kecamatan ini terletak paling utara. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Brebes, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Cimanggu, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Cipari, dan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Wanareja.

Majenang yang dapat disebut sebagai daerah "peralihan" Sunda-Jawa. Artinya, di wilayah Majenang ini bahasa ibu yang dipakai terdiri dari Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa. Kecamatan Majenang ini memiliki 17 desa.

Ketujuhbelas desa tersebut meliputi, Desa Bener, Boja, Cibeunying, Cilopadang, Jenang, Mulyadadi, Mulyasari, Padangjaya, Padangsari, Pahonjean, Pengadegan, Sadabumi, Sadahayu, Salebu, Sepatnunggal, Sindangsari, dan Ujungbarang.

4. Kecamatan Cimanggu

Kecamatan yang secara geografis terletak berbatasan dengan Kabupaten Brebes, sebagian besar warganya bersuku Sunda.

Di kecamatan ini memiliki 15 desa, meliputi Desa Bantarmangu, Bantarpanjang, Cibalung, Cijati, Cilempuyang, Cimanggu, Cisalak, Karangreja, Karangsari, Kutabima, Mandala, Negarajati, Panimbang, Pesahangan, dan Rejodadi.

5. Kecamatan Karangpucung 

Kecamatan yang berada di barat laut Kabupaten Cilacap atau berjarak 55 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Cilacap.

Karngpucung memiliki luas wilayah 11,199 km² atau 5.38% luas keseluruhan Kabupaten Cilacap dengan jumlah penduduk 80.071 Jiwa pada tahun 2019.

Adapun desa di Kecamatan Karangpucung meliputi, Desa Babakan, Bengbulang, Cidadap, Ciporos, Ciruyung, Gunungtelu, Karangpucung, Pamulihan, Pengawaren, Sidamulya, Sindangbarang, Surusunda, Tayem, dan Tayemtimur.

6. Kecamatan Cipari 

Kecamatan yang berjarak sekitar 73 kilometer dari kota Kabupaten Cilacap memiliki sebelas desa.

Kesebelas desa itu meliputi, Desa Caruy, Cipari, Cisuru, Karangreja, Kutasari, Mekarsari, Mulyadadi, Pegadingan, Segaralangu, Serang dan Sidasari.

7. Kecamatan Sidareja 

Kecamatan yang terletak paling pinggir sebelah barat dari Kabupaten Cilacap dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat memiliki sepuluh desa.

Kesepuluh desa itu meliputi, Desa Gunungreja, Karanggedang, Kunci, Margasari, Penyarang, Sidamulya, Sidareja, Sudagaran, Tegalsari, dan Tinggarjaya.

8. Kecamatan Kedungreja 

Kecamatan Kedungreja memiliki sebelas desa, meliputi Desa Bangunreja, Bojongsari, Bumireja, Ciklapa, Jatisari, Kaliwungu, Kedungreja, Rejamulya, Sidanegara, Tambakreja, dan Tambaksari.

9. Kecamatan Patimuan

Kecamatan yang terletak di tepi Sungai Citanduy dan merupakan garis pembatas antara wilayah provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Barat ini memiliki 7 desa.

Ketuju desa itu meliputi Desa Bulupayung, Cimrutu, Cinyawang, Patimuan, Purwodadi, Rawaapu dan Sidamukti.

10. Kecamatan Gandrungmangu 

Kecamatan yang berjarak sekitar 73 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Cilacap ini kecamatan ke empat terluas di kabupaten tersebut.

Kecamatan Gandrungmangu memiliki empat belas desa, meliputi Desa Bulusari, Cinangsi, Cisumur, Gandrungmangu, Gandrungmanis, Gintungreja, Karanganyar, Karanggintung, Kertajaya, Layansari, Muktisari, Rungkang, Sidaurip, dan Wringinharjo.

11. Kecamatan Bantarsari 

Kecamatan yang berjarak sekitar 41 kilometer dari ibu kota Kabupaten Cilacap ini terdapat delapan desa, meliputi Desa Bantarsari, Binangun, Bulaksari, Cikedondong, Citembong, Kamulyan, Kedungwadas, dan Rawajaya.

12. Kecamatan Kawunganten

Kecamatan ini memiliki dua belas desa meliputi, Desa Babakan, Bojong, Bringkeng, Grugu, Kalijeruk, Kawunganten, Kawunganten Lor, Kubangkangkung, Mentasan, Sarwadadi, Sidaurip dan Ujungmanik.

13. Kampung Laut 

Kamoung laut secara geografis terletak di sisi Barat Jawa Tengah dan berbatasan dengan Jawa Barat.

Kecamatan Kampung Laut adalah wilayah pemekaran dari Kecamatan Kawunganten, yang terdapat empat desa.

Keempat desa itu meliputi Desa Ujungalang, Desa Ujunggagak, Desa Klaces dan Desa Panikel. 

14. Kecamatan Jeruklegi 

Kecamatan Jeruklegi ini terdapat 13 desa, meliputi Desa Brebeg, Cilibang, Citepus, Jambusari, Jeruklegi Kulon, Jeruklegi Wetan, Karangkemiri, Mendala, Prapagan, Sawangan, Sumingkir, Tritih Lor, dan Tritih Wetan.   

15. Kesugihan 

Kecamatan yang pusat pemerintahannya berada di Desa Kesugihan Kidul ini terdapat 16 desa, meliputi Desa Bulupayung, Ciwuni, Dondong, Jangrana, Kalisabuk, Karangjengkol, Karangkandri, Keleng, Kesugihan, Kesugihan Kidul, Kuripan, Kuripan Kidul, Menganti, Pesanggrahan, Planjan, dan Slarang.

16. Adipala

Kecamatan yang memiliki jarak 24 kilometer dari pemerintahan Kabupaten Cilacap ini terdapat 16 desa, meliputi Desa Adipala, Adiraja, Adireja Kulon, Adireja Wetan, Bunton, Doplang, Glempangpasir, Gombolharjo, Kalikudi, Karanganyar, Karangbenda, Karangsari, Pedasong, Penggalang, Welahan Wetan dan Wlahar.

17. Maos 

Pemerintahan Kecamatan Maos terdapat sepuluh desa, meliputi Desa Glempang, Kalijaran, Karangkemiri, Karangreja, Karangrena, Klapagada, Maos Kidul, Maos Lor, Mernek dan Penisihan.

18. Sampang 

Kecamatan Sampang yang merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Maos pada tahun 1995 ini terdapat sepuluh desa, meliputi Desa Brani, Karangasem, Karangjati, Karangtengah, Ketanggung, Nusajati, Paberasan, Paketingan, Sampang, dan Sidasari. 

19. Kroya 

Kecamatan Kroya terkenal sebagai jalur pertemuan antara lintas selatan (Bandung–Yogyakarta–Surabaya) dan lintas tengah Jawa (Jakarta–Yogyakarta–Surabaya).

Di kecamatan ini terdapat 17 desa, meliputi Desa Ayamalas, Bajing, Bajing Kulon, Buntu, Gentasari, Karangmangu, Karangturi, Kedawung, Kroya, Mergawati, Mujur, Mujur Lor, Pekuncen, Pesanggrahan, Pucung Kidul, Pucung Lor, dan Sikampuh.

20. Binangun 

Kecamatan yang memiliki luas wilayah 5.142 hektare ini terdapat 17 desa, di antaranya Desa Alangamba, Bangkal, Binangun Jati, Jepara Kulon, Jepara Wetan, Karangnangka, Kemojing, Kepudang, Pagubugan, Pagubugan Kulon, Pasuruhan, Pesawahan, Sidaurip, Sidayu, Widarapayung Kulon, dan Widarapayung Wetan.

21. Nusawungu 

Di kecamatan ini terdapat 17 desa, meliputi Desa Banjareja, Banjarsari, Banjarwaru, Danasri, Danasri Kidul, Danasri Lor, Jetis, Karangpakis, Karangputat, Karangsembung, Karangtawang, Kedungbenda, Klumprit, Nusawangkal, Nusawungu, Purwadadi, dan Sikanco.

22. Cilacap Selatan 

Kecamatan ini merupakan kecamatan yang memiliki wilayah sangat luas, hingga hampir mencakupi Pulau Nusakambangan.

Di kecamatan ini terdapat lima kelurahan, yaitu Kelurahan Cilacap, Sidakaya, Tambakreja, Tegalkamulyan, dan Tegalreja.

23. Cilacap Tengah

Kecamatan Cilacap Tengah merupakan salah satu kecamatan eks kota administratif Cilacap. 

Kecamatan itu terdapat lima kelurahan, yaitu Kelurahan Donan, Gunungsimping, Kutawaru, Lomanis, dan Sidanegara.

24. Cilacap Utara 

Kecamatan Cilacap Utara juga merupakan sala satu kecamatan eks kota administratif Cilacap dengan luas wilayah 18,84 kilometer.

Di kecamatan ini terdapat lima kelurahan, yaitu Kelurahan Gumilir, Karangtalun, Kebonmanis, Mertasinga, dan Tritih Kulon.

Demikian daftar kecamatan di Kabupaten Cilacap yang terdapat 24 kecamatan dengan 284 desa dan kelurahan. Kelurahan ini terdapat di Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap tengah dan Cilacap Utara.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut