Data-Driven Decision Making: Pilar Kesuksesan Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Operasional

Muhamad Faizur Rouf
Novia Shinta Dewi dan Rahab, Magister Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jendral Soedirman

Misalnya, dalam produksi manufaktur, data yang dikumpulkan dari sensor mesin dapat memberikan wawasan tentang penurunan kinerja mesin. Perusahaan kemudian dapat melakukan perbaikan atau perawatan sebelum terjadi kerusakan besar, sehingga mengurangi biaya perbaikan dan memastikan bahwa produksi tetap berjalan lancar.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Salah satu manfaat besar DDDM adalah kemampuannya untuk memahami perilaku dan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. Dengan menganalisis data pelanggan, perusahaan dapat menyesuaikan produk dan layanan mereka agar lebih sesuai dengan ekspektasi konsumen, menciptakan pengalaman yang lebih personal dan relevan.

Misalnya, perusahaan ritel dapat menggunakan data pembelian untuk memberikan rekomendasi produk yang disesuaikan dengan preferensi pelanggan. Hal ini tidak hanya meningkatkan peluang penjualan, tetapi juga memperkuat loyalitas pelanggan dan memperpanjang siklus hidup mereka.



Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network