Pengamat Sebut Satu Alasan Timnas Indonesia U-22 Pantas Raih Emas SEA Games 2023

Andika Rachmansyah / Reynaldi Hermawan
Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni sebut satu alasan Timnas Indonesia U-22 pantas raih emas SEA Games 2023.

JAKARTA, iNewsCilacap.id – Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni sebut satu alasan Timnas Indonesia U-22 pantas raih emas SEA Games 2023. Pria yang akrab disapa Bung Kus itu menilai Garuda Muda punya materi pemain mumpuni.

Timnas Indonesia U-22 masuk Grup A SEA Games 2023 bersama Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Tim asuhan Indra Sjafri itu terhindar dari rival berat seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Bung Kus menilai medali emas target realistis yang harus didapat Timnas Indonesia U-22. Karena ajang tersebut jauh levelnya jika dibandingkan dengan ajang lainnya. Ajang tersebut hanya mempertemukan negara Asia Tenggara, sehingga medali emas dirasa target yang paling realistis untuk didapat pasukan Indra Sjafri.

“Tentu di SEA Games targetnya harus juara. Karena ini level yang terendah, Asia Tenggara. Kalau kita bicara Piala Asia, Piala Dunia, tentu lain,” kata Bung Kus ketika dihubungi iNews.id, dikutip Minggu (23/4/2023).

“Kalau SEA Games itu satu-satunya arena yang saat ini menurut saya paling realistis untuk Indonesia bersaing. Jadi kalau ikut SEA Games jelas targetnya harus juara, tidak ada kecuali,” lanjutnya.

Ditambah lagi kedalaman skuad saat ini memiliki kualitas bagus. Dari 20 nama yang dibawa memang terdapat pemain yang punya kualitas seperti contohnya Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, Witan Sulaeman dan masih banyak lagi.

Bung Kus mengatakan dengan materi pemain yang ada tidak kalah seperti Timnas Vietnam maupun Thailand. Sehingga seharusnya Timnas Indonesia U-22 bisa meraih medali emas yang sudah lama tidak didapat.

Terakhir kali cabor sepak bola Indonesia meraih medali emas pada 32 tahun silam atau tepatnya pada SEA Games 1991 Filipina.

“Apalagi di edisi kali ini, materi pemain kita cukup bagus, pembagian grup juga bagus. Materi pemain kita yang sebagian besar bermain di kompetisi liga profesional termasuk dua pemain yang bermain di luar yakni Arhan dan Marselino,” ungkapnya.

“Kita memiliki materi pemain yang tidak kalah dengan Vietnam dan Thailand atau negara manapun. Jadi seharusnya, ini cukup untuk menjadi modal juara SEA Games 2023,” pungkas Bung Kus.

Ada 20 pemain yang berjuang membela Timnas Indonesia U-22 SEA Games 2023. Filipina menjadi rintangan pertama yang harus dihadapi Marselino Ferdinan dkk. pada 29 April 2023.

Editor : Reynaldi Hermawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network