5 Jenis Makanan Untuk Mencegah Serangan Jantung

Dyah Ratna Meta Novia
.
Senin, 19 September 2022 | 11:02 WIB
Serangan jantung dapat terjadi pada siapapun. Biasanya, penyakit jantung disebabkan kurangnya waktu olahraga hingga pola makan yang tidak sehat. (Foto: Tastingtable)

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Serangan jantung dapat terjadi pada siapapun. Biasanya, penyakit jantung disebabkan kurangnya waktu olahraga hingga pola makan yang tidak sehat.

Banyak orang, tua muda yang meninggal akibat serangan jantung. Maka dari itu, serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. 

Mencegah Serangan Jantung

Dilansir dari Mayoclinic, ini lima jenis makanan untuk mencegah terkena serangan jantung.

1. Makanan rendah natrium

Makanan yang mengandung banyak natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang akhirnya berpengaruh pada jantung. The American Heart Association menyarankan bahwa, konsumsi garam pada orang dewasa tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) sodium sehari atau sekira satu sendok teh.

Jadi untuk menghindari terjadinya penyakit jantung Anda dapat mulai melakukan pola makan yang sehat seperti pemaparan diatas.

2. Gandum utuh

Biji-bijian utuh merupakan sumber serat yang baik dan bernutrisi yang berfungsi dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Biji-bijian ini dapat berupa roti gandum, sereal, beras merah,dan oatmeal. dengan begitu Anda akan dapat terhindar dari risiko serangan jantung.

3. Makanan dengan protein rendah lemak

Makanan seperti ikan, daging, telur, dan produk susu rendah lemak adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Apalagi ikan, diketahui beberapa ikan seperti salmon dan mackerel memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan lemak darah. Tidak hanya ikan, kacang-kacangan juga merupakan sumber protein, rendah lemak dan tidak ada kolesterol.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini