get app
inews
Aa Read Next : Doa Untuk Orang Umroh Agar Diberikan Keselamatan saat Menjalankan Ibadah di Tanah Suci

Begini Sejarah Sumur Air Zam-Zam yang Muncul Sejak 5.000 Tahun Lalu

Minggu, 17 Juli 2022 | 06:51 WIB
header img
Meski diambil airnya setiap hari, bahkan dibawa pulang oleh jamaah haji dan umrah dari berbagai negara, sumur zamzam tidak pernah mengering. (Foto: Istimewa)

Pembelian secara daring air zamzam merupakan bagian dari proyek National Water Company yang dimulai setelah pemberhentian jualan sebagai tindakan pencegahan selama terjadinya wabah pandemi virus corona.

Air zamzam sekarang didistribusikan melalui platform bisnis elektronik Saudi HNAK yang menawarkan layanan pengiriman rumah juga.

Ekstraksi, memompa, dan pengawasan penyimpanan dan pemompaan dicapai melalui teknologi serat optik dari kontrol pengawasan dan akuisisi data jaringan.

Dengan semua teknologi ini, kualitas mineral alami air zamzam dipertahankan dan dipertahankan menurut penelitian teliti yang dilakukan untuk menentukan metode pemompaan dan penyaringan yang paling sesuai.

Guna mencegah air zamzam terpengaruh kontaminasi alam eksternal, Zamzam Studies and Research Center telah menerapkan kontrol kualitas yang ketat.

"Agar dapat mengelola sumur zamzam secara berkelanjutan, kita perlu memiliki pemahaman penuh tentang pengaturan lingkungan dan hidrogeologi dari sumur suci ini dan sumber air mencapainya, termasuk konduktor air di daerah tersebut," kata Samer Showman, presiden Pusat Penelitian Arab Saudi.

"Kita perlu melihat bagaimana air sedang disimpan dan pergerakannya yang cepat. Serta jenis mineral dan ekstraknya melalui perjalanan antara batu-batu untuk memahami seperti apa ciri air zamzam."

"Kami telah menghubungkan model matematis dengan jaringan curah hujan data dan stasiun curah hujan di bagian yang berbeda dari akuifer untuk menentukan volume yang tepat dan kuantitas air yang dapat diekstrak sepanjang tahun di Wadi Ibrahim," tambahnya.

Showman mengatakan bahwa laboratorium khusus untuk air zamzam di Makkah melacak dan menguji sampel yang berbeda dari air, lalu dianalisis setiap pekan untuk menjaga kualitas air.


 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut