get app
inews
Aa
Read Next : Doa Untuk Orang Umroh Agar Diberikan Keselamatan saat Menjalankan Ibadah di Tanah Suci

Begini Sejarah Sumur Air Zam-Zam yang Muncul Sejak 5.000 Tahun Lalu

Minggu, 17 Juli 2022 | 06:51 WIB
header img
Meski diambil airnya setiap hari, bahkan dibawa pulang oleh jamaah haji dan umrah dari berbagai negara, sumur zamzam tidak pernah mengering. (Foto: Istimewa)

USAI ibadah haji, biasanya ara jemaah haji yang pulang biasanya membawa oleh-oleh untuk keluarganya. Tetangga juga banyak yang datang. Para tetangga dan kerabat memperoleh oleh-oleh dari Tanah Suci yakni air zam-zam.

Air zam-zam berasal dari mata air sumur yang berada di Tanah Suci. Air sudah memberikan berkah bagi seluruh pendidik dunia.

Sumur zamzam meupakan rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala dan menjadi keajaiban abadi.

Sumur zam-zam muncul pada 5.000 tahun lalu. Meski diambil airnya setiap hari, bahkan dibawa pulang oleh jamaah haji dan umrah dari berbagai negara, sumur zamzam tidak pernah mengering.

Sumur zamzam berasal dari gesekan kaki Nabi Ismail Alaihissallam setelah ibunya Hajar berlari tujuh kali di antara Bukit Shafa dan Marwa mencari air untuk bayinya yang kala itu kehausan di tengah lembah tandus Hijaz yang tidak berpenghuni. Zamzam sendiri artinya “tidak berhenti mengalir".

Arabnews melaporkan sumur zamzam selalu bersih, tidak ada lumut, serangga, jamur, atau kotoran lainnya. Air zamzam memiliki tingkat mineral alami lebih tinggi dari air biasa yang telah didesalinasi dengan normal. Maka itu, rasa air zamzam berbeda, terasa lebih berat.

Para jamaah haji dan umrah biasanya sangat antusias meminum air zamzam dan memasukkannya dalam botol, membawanya pulang ke negara asal. 

Air zamzam dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti dikatakan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Perkembangan dan perawatan air zamzam menjadi hal yang sangat penting, karena air sumur ini sudah dilindungi dengan berbagai cara selama berabad-abad.

Walaupun diminum jamaah haji, umrah dan pengunjung di Makkah sejak zaman dahulu, zamzam tidak pernah berhenti mengalir. Air zamzam akan selalu ada untuk memberkati para muslim.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut