1 Warga Banyumas Tewas di Saluran Irigasi Cilacap Usai Menyelamatkan Alat Pancingnya yang Hanyut

Arbi Anugrah
1 Warga Banyumas Tewas di Saluran Irigasi Cilacap Usai Menyelamatkan Alat Pancingnya yang Hanyut. Foto: Dok Kantor SAR Cilacap

CILACAP, iNewsCilacap.id - Dua pemancing tenggelam di saluran irigasi Sampang, Kecamatan Sampang, Cilacap, pada Selasa (1/10) sekitar pukul 23.40 WIB akibat alat pancing yang terbawa arus. Satu orang berhasil diselamatkan, sementara satu pemancing lainnya meninggal dunia.

Kepala Kantor SAR Cilacap, M. Abdullah, menyatakan bahwa informasi awal mengenai peristiwa tersebut diperoleh dari pihak kepolisian di Polsek Sampang. Setelah menerima informasi, Kantor SAR Cilacap segera mengerahkan personilnya ke lokasi kejadian pada Rabu (2/10/2024) dini hari.

"Dua orang pemancing tenggelam di irigasi Sampang," kata M. Abdullah dalam keterangannya.

Peristiwa tersebut terjadi ketika seorang pemancing bernama Erik Prayoga (17) yang berasal dari Desa Cindaga, Banyumas, berusaha untuk mengambil alat pancingnya yang terjatuh ke dalam air. Namun, karena usahanya tidak membuahkan hasil, ia akhirnya terjatuh ke dalam air.

"Sementara rekannya bernama Ibnu Dwi (16) warga Sampang berusaha menolong Erik, namun ikut tercebur dan berhasil diselamatkan oleh teman yang lain dan dibawa ke Rumah Sakit Pricilla untuk penanganan lebih lanjut," ujarnya.

Ia menyatakan bahwa tim rescue USS Banyumas telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk mencari Erik. Selain itu, upaya pencarian juga dilakukan oleh Tim SAR Gabungan yang melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan LCR, penyisiran di darat menuju hilir saluran irigasi, serta pemasangan jaring penyelamat di beberapa lokasi.

Pada hari Rabu, 2 Oktober, pukul 04.25 WIB, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan jenazah Erik yang mengapung sejauh 140 meter ke arah hilir irigasi. "Ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan langsung di evakuasi menuju rumah duka," jelasnya.

Dengan ditemukannya korban, operasi pencarian dan penyelamatan dinyatakan selesai. Semua unsur SAR yang terlibat dikembalikan kesatuannya masing-masing.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network