Cilacap Raih Predikat Baik dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2024

Arbi Anugrah
Cilacap Raih Predikat Baik dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2024. Foto: Dok cilacapkab.go.id

CILACAP, iNewsCilacap.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap mendapatkan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) predikat baik dengan skor 2,93 poin berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2024. Penilaian EPSS untuk kegiatan statistik sektoral ini dilakukan seluruh instansi pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.

Penganugerahan ini diserahkan oleh PLT, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti kepada Kepala Diskominfo Kabupaten Cilacap Supriyanto, saat peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2024 di Jakarta Kamis, (26/9) lalu.

“HSN bukanlah milik BPS, tapi milik rakyat Indonesia, karena pembangunan statistik nasional adalah tanggung jawab bersama. Kolaborasi semua aktor menjadi penting untuk mendukung keberhasilan statistik”, kata Amalia dikutip dari laman resmi cilacapkab.go.id, Sabtu (28/9/2024).

Amalia menyatakan jika hasil EPSS, diantaranya Indeks Pembangunan Statistik yang merupakan salah satu indikator pengungkit dalam pencapaian Reformasi Birokrasi. Indeks Pembangunan Statistik juga menjadi tolak ukur dalam pencapaian Satu Data Indonesia dan penyelenggaraan urusan statistik di tingkat pemerintah daerah.

Sementara menurut Supriyanto, statistik memiliki arti penting dalam penyusunan kebijakan pembangunan nasional. Maka dari itu, untuk menghasilkan statistik yang berkualitas, diperlukan evaluasi untuk mengukur tingkat kematangan statistik pada instansi pemerintah.

Ia berharap, kedepannya data yang dihasilkan dapat semakin berkualitas, sehingga dapat menjadi dasar dalam penentuan kebijakan yang bermuara pada pembangunan yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network