BLT Rp600 Ribu: Kapan Cair dan Bagaimana Cara Ceknya?

Muhammad Faizur Rouf
BLT Rp600 Ribu: Kapan Cair dan Bagaimana Cara Ceknya? blt/ilustrasi

CILACAP.iNewscilacap.id - Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu yang ditujukan sebagai mitigasi risiko pangan menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat.

Awalnya dijadwalkan cair pada Mei 2024, namun hingga pertengahan bulan ini, belum ada tanda-tanda pencairan. Masyarakat pun bertanya-tanya, akankah bantuan ini benar-benar cair?

Pemerintah Masih Meninjau Postur APBN

Menurut Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, belum ada perkembangan terbaru terkait program BLT Rp600 ribu. Meskipun Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, sebelumnya menyatakan anggaran sudah tersedia, namun kepastian jadwal pencairan masih menunggu hasil peninjauan postur APBN oleh Kementerian Keuangan.

Cara Cek Penerima BLT Rp600 Ribu

Sambil menunggu informasi resmi dari pemerintah, Anda dapat memeriksa apakah nama Anda terdaftar sebagai penerima BLT Rp600 ribu melalui situs resmi Kementerian Sosial, cekbansos.kemensos.go.id. Caranya mudah, cukup siapkan KTP atau Kartu Keluarga (KK) dan ikuti langkah-langkah yang tertera di situs tersebut.

Kriteria Penerima BLT Rp600 Ribu

BLT Rp600 ribu akan dibagikan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) se-Indonesia. Kriteria penerima sama dengan BLT El Nino yang disalurkan akhir tahun lalu, yaitu penerima kartu sembako/Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Jadwal Pencairan BLT Rp600 Ribu

Meskipun sebelumnya ditargetkan cair pada semester I 2024, hingga saat ini belum ada jadwal pasti mengenai pencairan BLT Rp600 ribu. Masyarakat diimbau untuk tetap bersabar dan terus memantau informasi resmi dari pemerintah melalui situs resmi Kemensos dan sumber berita terpercaya.

BLT Rp600 Ribu: Harapan di Tengah Ketidakpastian

Meskipun jadwal pencairan masih belum pasti, BLT Rp600 ribu tetap menjadi harapan bagi masyarakat untuk meringankan beban ekonomi di tengah ketidakpastian global. Semoga pemerintah segera memberikan kepastian mengenai jadwal pencairan agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya.

Tetap Pantau Informasi Terbaru

Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai jadwal pencairan BLT Rp600 ribu, terus pantau situs resmi Kemensos dan sumber berita terpercaya. Jangan mudah termakan hoaks atau informasi palsu yang beredar di media sosial.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network