get app
inews
Aa Read Next : Anggota DPR RI Novita Wijayanti Apresiasi Dedikasi Basarnas dan Soroti Perlunya Peningkatan Anggaran

Tsunami 10 Meter dan Gempa Magnitudo 8,7 Ancam Cilacap, Begini Penjelasan BMKG

Sabtu, 30 Juli 2022 | 11:59 WIB
header img
Ilustrasi gempa.(Foto:Dok iNews.id)

CILACAP, iNewsCilacap.id- Cilacap disebut-sebut terancam tsunami setinggi 10 meter. Gelombang tusnami tersebut dipicu disebabkan gempa dengan magnitudo 8,7. 

BMKG memberikan penjelasan lengkap terkait hal tersebut. Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Jawa Tengah Setyoajie Prayoedhie menyebutkan bahwa Cilacap merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah yang rawan bencana gempabumi dan tsunami. 

“Secara geotektonik, terdapat zona subduksi, yaitu daerah pertemuan lempeng Indo-Australia yang masuk menyusup ke bawah lempeng Eurasia di utara. Akibat dari aktivitas di zona subduksi ini, berdasarkan kajian saintifik, ada 3 (tiga) segmen zona megathrust di selatan pulau jawa yang menyimpan akumulasi energi gempabumi terpicu bisa mencapai M 8,7,”paparnya pada Sabtu (30/7/2022).

Menurutnya, gempa bumi dan tsunami, merupakan peristiwa alam yang hingga saat ini belum dapat diprediksi kapan terjadinya. Potensi gempabumi dengan magnitudo 8.7 bukanlah prediksi, sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu. 

“Meski demikian, kita masih memiliki waktu untuk menyiapkan diri dan menata mitigasi bencana sebaik mungkin. Upaya pengurangan resiko bencana melalui tahapan mitigasi yang tepat harus dilakukan sedini mungkin dan bersifat pentahelix agar kita dapat mengantisipasi segala dampak yang mungkin terjadi menuju target keselamatan infrastruktur dan minim korban jiwa (zero victim) di daerah terdampak,”paparnya. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut