get app
inews
Aa Read Next : Perahu Dihantam Ombak Besar Saat Masuk Muara Logending Kebumen, 1 Nelayan Hilang

Anggota DPR RI Novita Wijayanti Apresiasi Dedikasi Basarnas dan Soroti Perlunya Peningkatan Anggaran

Jum'at, 15 Maret 2024 | 04:59 WIB
header img
Anggota DPR RI Novita Wijayanti Apresiasi Dedikasi Basarnas /Foto: dpr.go.id

Cilacap.iNews - Anggota Komisi V DPR RI, Novita Wijayanti, mengungkapkan apresiasi terhadap dedikasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) sebagai garda terdepan dalam bidang pencarian dan pertolongan di Indonesia. Meskipun menghadapi keterbatasan anggaran, Basarnas tetap bersemangat menjalankan tugasnya.

"Dalam setiap peristiwa tidak menyenangkan, pasti ada kehadiran Basarnas. Meski dengan anggaran terbatas, Basarnas tetap semangat menjalankan tugasnya," ujar Novita dalam rapat kerja dengan Kepala Basarnas dan Kepala BMKG di Ruang Rapat Komisi V DPR RI.

Novita menyadari pentingnya dukungan untuk Basarnas, termasuk peralatan dan pelatihan bagi sumber daya manusia yang berkualitas. "Dengan penduduk yang banyak dan luasnya wilayah Indonesia, keahlian luar biasa diperlukan untuk menangani kecelakaan dan bencana," tambahnya.

Legislator dari Dapil Banyumas-Cilacap ini juga menyoroti perlunya jaminan keselamatan bagi para personel Basarnas, baik dalam bentuk asuransi maupun jaminan lainnya. "Perlindungan bagi para penyelamat harus dijamin sesuai aturan yang berlaku," tandasnya.

Novita menyerukan perhatian Badan Anggaran DPR RI terhadap anggaran Basarnas. "Perlengkapan yang memadai menjadi kebutuhan mendesak, tidak hanya terkait dengan SDM dan pelatihan," tegasnya.

Selain itu, Novita juga memberikan apresiasi kepada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) atas prestasinya dalam meraih predikat 'Wajar Tanpa Pengecualian' (WTP) dari BPK RI sebanyak delapan kali.

"Selamat kepada BMKG atas pencapaian yang luar biasa ini. Dalam era cuaca ekstrem yang sulit diprediksi, BMKG menjadi rujukan utama bagi masyarakat," pungkas Novita.

Dengan demikian, Novita Wijayanti turut mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan yang lebih besar kepada Basarnas serta memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan anggaran guna mendukung kinerja lembaga ini dalam menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat Indonesia.***

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut