get app
inews
Aa Read Next : Anggota DPR RI Novita Wijayanti Apresiasi Dedikasi Basarnas dan Soroti Perlunya Peningkatan Anggaran

Peringatan Dini Banjir Rob di Pesisir Jateng Selatan 2-10 Februari 2023, BMKG: Selalu Waspada

Kamis, 02 Februari 2023 | 10:22 WIB
header img
Ilustrasi Peringatan Dini Banjir Rob di Pesisir Jateng Selatan 2-10 Februari 2023, BMKG: Selalu Waspada dan Siaga. (Foto: iNews.id/Andrian Supendi)

CILACAP, iNewsCilacap.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir pesisir atau rob di sejumlah pesisir pantai di Indonesia Kamis (2/2/2023). Salah satunya adalah pesisir selatan Jawa Tengah dan DIY.

Potensi banjir rob di pesisir selatan Jawa Tengah sendiri diperkirakan mulai dari Cilacap, Kebumen, Purworejo hingga Yogyakarta terjadi pada Kamis 2-10 Februari 2023. Ini terjadi karena adanya fenomena fase Bulan Purnama pada 5 Februari 2023 mendatang.

Rob di pesisir selatan Jateng dan DIY juga diperkirakan akan ditambah dengan ancaman meningkatnya gelombang laut di perairan selatan Jawa hingga NTT yang mencapai 4-6 meter. 

Banjir rob ini juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah di pesisir Indonesia seperti pesisir Sumatera Barat, Pesisir Kep. Riau, Pesisir Banten, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Tegal, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Sulawesi Utara, Pesisir Sulawesi Selatan, Pesisir P. Selayar, Pesisir Maluku Utara, Pesisir Maluku dan Pesisir Papua Selatan.

Meski demikian, potensi banjir pesisir atau rob ini memiliki waktu, hari dan jam yang berbeda di tiap wilayah, di mana secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Diantaranya seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan siaga guna mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo dalam keterangan tertulisnya. 

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut