get app
inews
Aa Read Next : 8 Peluang Usaha Menjanjikan di Kabupaten Cilacap, Bisnis Mudah Dengan Omset Ratusan Juta

BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem saat Malam Tahun Baru 2023 di Wilayah Jawa Tengah

Jum'at, 30 Desember 2022 | 18:40 WIB
header img
BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem saat Malam Tahun Baru 2023 di Wilayah Jawa Tengah. ( Foto ilustrasi : Istimewa)

CILACAP, iNewsCilacap.id - Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat di sejumlah wilayah di Jawa Tengah untuk waspada terhadap cuaca ekstrem saat malam tahun baru 2023. Cuaca ekstrem ini dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung akan terjadi pada tanggal 31 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

"Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, adanya pertemuan massa udara dingin dari Asia dengan massa udara panas dari Australia meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia termasuk Jawa tengah," kata Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno dalam keterangannya, Jumat (30/12/2022).

Menurut dia, aktifnya gelombang atmosfer Rossby di Jawa Bagian Utara dapat mengakibatkan terjadinya daerah konvergensi (Pertemuan angin) dan belokan angin di Jawa Tengah. Meningkatnya potensi penguapan (penambahan massa uap air) berada di wilayah Laut Jawa, serta kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah. 

"Kondisi tersebut dapat menimbulkan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan angin kencang pada periode 31 Desember - 02 Januari 2023," jelasnya.

Berikut beberapa daerah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat periode 31 Desember - 02 Januari 2023 di wilayah Jawa Tengah diantaranya adalah kabupaten Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Banyumas, Kebumen, Temanggung, Kab./Kota Magelang, Kab./Kota Pekalongan, Batang, Jepara, Demak, Kudus, Pati, Pemalang, Kab. Tegal, Wonogiri, Rembang, Sragen, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Surakarta, Blora, Grobogan, Salatiga, Klaten, Kab./Kota Semarang, Kendal, Purworejo, Karimun Jawa, dan sekitarnya.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi. Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana," ujarnya.

 

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut