get app
inews
Aa Read Next : Cilacap Jadi Tuan Rumah Bergengsi Pra Popda Banyumas 2024, PJ Bupati Cilacap: Selamat Bertanding

Asal Usul Curug Pengantin Cilacap, Menyibak Cerita Asmara Pasangan Si Cantik dan Si Buruk Rupa

Kamis, 02 November 2023 | 14:38 WIB
header img
Curug Pengantin Cilacap. Foto: Facebook

CILACAP, iNewsCilacap.id - Curug Pengantin Cilacap selain memiliki alam indah dengan kesejuhan air jernih, juga menyibak cerita tentang asal usul air terjun tersebut tentang asmara pasangan si wanita cantik jelita dengan pria buruk rupa.

Melansir dari buku cerita rakyat Kabupaten Cilacap dalam dokumen Balai Bahasa Jawa Tengah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017, kisah asal usul Curug Pengantin bermula dari sebuah desa bernama Babakan. 

Desa Babakan merupakan bagian dari Dusun Karang Salam yang berlokasi di sebelah timur Hutan Sentul, Kecamatan Kawunganten. Saat ini menjadi Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap. 

Desa yang dikelilingi hutan-hutan yang rimbun ini terdapat seorang gadis desa dengan paras cantik, baik hati dan giat bekerja bernama Sarinten. Anak pasangan Wiryadi dan Sarinah ini adalah keluarga miskin yang bekerja sebagai petani.

Tak heran banyak pemuda desa yang tertarik dan ingin meminangnya untuk dijadikan istri. Namun, kembang desa itu belum tertarik berumah tangga. Ia ingin membantu keluarga dengan di rumah dan bekerja di ladang dan sawah.

Ia sangat berhati-hati dalam menentukan pasangan hidupnya. Kalaupun menikah, ia ingin mendapatkan suami yang baik hati, pekerja keras dan berbakti kepada kedua orang tuanya.

Orang tuanya pun sempat menanyakan kepada Sarinten, mengapa belum mau menikah padahal ia sudah cukup usia. Orang tuanya khawatir anaknya malah menjadi perawan tua. Pertanyaan bapaknya itu tak terlalu dihiraukan Sanrinten. Ia malah hanya tersenyum tanpa menjawab.

Namun, kabar itu tersebar oleh warga setempat, hingga akirnya seorang pemuda bernama Suta Winata mendengar hal itu dan penasaran akan kecantikan Sarinten. 

Suta Winata adalah pemuda yang baik hati, santun, rajin bekerja. Namun, ia memiliki wajah buruk rupa. Terkadang ia bersedih atas penilaian orang-orang terhadap dirinya yang hanya melihat dari fisik saja, tanpa melihat ketulusan dan kebaikan hatinya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut