get app
inews
Aa Read Next : Dinyatakan Sehat, Korban Perundungan Siswa SMP di Cilacap Diizinkan Pulang ke Rumahnya

Pasutri di Cilacap Ditangkap Polisi karena Tipu Calon TKI, Kerugian Capai Rp500 Juta

Selasa, 14 Maret 2023 | 19:09 WIB
header img
Satreskrim Polresta Cilacap meringkus pasangan suami istri karena melakukan penipuan terhadap calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI). (Foto: Heri Susanto/iNews)

CILACAP, iNewsCilacap.id - Satreskrim Polresta Cilacap, Jawa Tengah, meringkus pasangan suami istri karena melakukan penipuan terhadap calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Modus yang digunakan pelaku dengan menjanjikan korban menjadi TKI, namun setelah membayar uang puluhan juta rupiah, para korban tidak kunjung diberangkatkan.

Pasangan suami istri AZ alias Aman dan KH alias Khabibah, warga Mertasinga, Cilacap, ini ditangkap setelah sejumlah korban calon TKI melapor ke polisi karena tak kunjung diberangkatkan ke negara tujuan.

Pelaku menjanjikan para korban untuk berangkat menjadi TKI dengan tujuan negara Taiwan. Untuk meyakinkan korban, tersangka mengaku sebagai Perusahaan Jasa Penyalur Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) milik orang untuk merekrut calon TKI.

Para korban diwajibkan menyetor uang mulai dari Rp5-Rp50 juta untuk biaya pengurusan berbagai persyaratan, mulai dari tes kesehatan hingga mengurus paspor.

Dari puluhan korban, beberapa di antaranya bahkan sudah diberangkatkan ke Taiwan. Namun, sampai di negara tujuan, calon TKI tersebut ditolak karena tidak menggunakan visa kerja, melainkan visa kunjungan atau visitor.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut