get app
inews
Aa Read Next : 5 Sopir Bus Cantik Jadi Idola Busmania, Gabung PO Bus karena Alasan Ekonomi

Sederet PO Bus Asal Daerah Ngapak, Nomor 3 Telah Melayani Sejak Tahun 1947

Kamis, 29 Desember 2022 | 10:29 WIB
header img
PO bus asal daerah ngapak. Foto: PO Mulyo/@yr.photoworks_

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Tujuh PO bus asal daerah ngapak yang meliputi kawasan Tegal, Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Brebes, Tegal, Kebumen, hingga Wonosobo menarik untuk diulas. Daerah di Jawa Tengah bagian barat ini memang dikenal dengan bahasa yang unik dan khas yakni ngapak.

Setidaknya terdapat sekitar tujuh PO bus asal daerah ngapak yang melayani rute perjalanan masyarakat ke berbagai kota. Bahkan, salah satunya ada PO bus yang telah berusia 75 tahun setia melayani masyarakat asal daerah ngapak.

Lantas, perusahaan otobus apa saja yang berasal dari daerah ngapak. Berikut ulasannya seperti dikutip dari Okezone.

PO Bus Asal Daerah Ngapak

1. PO Nafit Trans


PO bus asal daerah ngapak. Foto: PO Nafit Trans/Instagram/@nafit_trans_tegal

 

PO bus asal daerah ngapak yang pertama beras dari Tegal, Jawa Tengah, ada PO Nafit Trans yang melayani perjalanan wisata ke Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan Sumatera. Untuk mesin sendiri, Po Nafit Trans ini mengunakan mesin dari Mercedes Benz, Hino, dan Scania dengan desain body yang berasal dari karoseri Adiputro. 

Sedangkan untuk armada, PO bus ini menawarkan desain interior mewah dengan fitur terbaik, seperti audio sistem, TV LED, hingga toilet untuk memastikan kenyamanan penumpang saat berada di perjalanan.

2.PO Kupu-Kupu Ayu


PO bus asal daerah ngapak. Foto: PO Kupu-Kupu Ayu/Instagram/@scaniajowo

 

PO bus asal daerah ngapak berikutnya adalah Kupu-Kupu Ayu asal Purwokerto, Banyumas dan didirikan oleh Roy Danny pada 2017 yang berprofesi sebagai seorang dokter gigi. Perusahaan otobus kupu-kupu ayu sendiri melayani perjalanan wisata rute Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan Sumatera berbasis sasis Hino RK8 R260. 

3. PO Mulyo


PO bus asal daerah ngapak. Foto: PO Mulyo/@yr.photoworks_

 

PO bus asal daerah ngapak selanjutnya sangat legendaris, yakni PO Mulyo. PO bus yang satu ini berasal dari Kebumen, Jawa Tengah dan telah beroperasi sejak Agustus 1947. Di usia yang telah mencapai 75 tahun, perusahaan otobus yang satu ini fokus pada rute perjalanan dari Purwokerto, Yogyakarta hingga Solo menggunakan kelas non-AC.

4.PO Satria Muda


PO bus asal daerah ngapak. Foto: PO Satria Muda/Instagram/@hisyam_2542

 

PO bus asal daerah ngapak selanjutnya adalah Satria Muda yang didirikan Darwoto, pada 2008 dan berbasis di Karanggayam, Banyumas. Perusahaan otobus ini fokus pada bus wisata dan merupakan bagian dari PO BGS Trans.

Soal armada, PO bus ini fokus pada perjalanan wisata dengan rute Pulau Jawa, Bali, beberapa kota di Sumatera, hingga Lombok. Untuk kenyamanan penumpang, bus ini memiliki sasis Hino RK8 dan Scania Opticruise K410 dengan bodi Jetbus SHD3+.

5.PO Dewi Sri


PO bus asal daerah ngapak. Foto: PO Dewi Sri/Instagram/@agung_1836

 

Selanjutnya dari Tegal, Jawa Tengah, ada PO Dewi Sri yang didirikan oleh Haji Ismail dan istrinya, Rokayah, sejak tahun 80-an. Perusahaan otobus ini cukup melegenda di wilayahnya. Sejak awal pendiriannya, bus antarkota dan wisata ini hanya melayani rute Tegal-Jakarta.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan bisnisnya, PO Dewi Sri kini telah melayani rute Jakarta, Purwodadi, Pemalang, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, dan Purbalingga. Untuk pengelolaan PO bus ini sendiri, kini berada di bawah kendali putra bungsu Haji Ismail, Mukti Agung Wibowo.

6.PO Dedy Jaya


PO bus asal daerah ngapak. Foto: PO Dedy Jaya/Instagram/@agung_1836

 

PO bus asal daerah ngapak di wilayah Brebes dan Tegal pastinya sudah tidak asing dengan PO Dedy Jaya yang didirikan oleh Muhadi Setiabudi, pada 11 Januari 1989. Perusahaan otobus ini melayani beberapa trayek, seperti Jakarta-Purwokerto, Jakarta-Pekalongan, Jakarta-Pemalang dan Jakarta-Tegal

7.PO Efisiensi


PO bus asal daerah ngapak. Foto: PO Efisiensi/Instagram/@hisyam_2542

 

PO bus asal daerah ngapak berikut adalah PO Efisiensi, yang didirikan oleh Teuku Eri Rubiansah di Kebumen, Jawa Tengah, pada 1994. Kementerian Perhubungan bahkan memberikan penghargaan pada PO bus ini sebagai bus dengan pelayanan terbaik pada 2012. PO Efisiensi ini memiliki basis sasis Hino RK260 dengan bodi Jetbus 3+ dari karoseri Adiputro untuk kenyamanan penumpangnya.

Soal trayek, PO bus ini memiliki rute perjalanan Jogja-Cilacap, Jogja-Purwokerto, Jogja-Purbalingga, serta sejumlah kota lainnya di Jawa Tengah.

8. PO Sinar Mas


PO bus asal daerah ngapak. Foto: Dok PO Sinar Mas Transport

 

PO bus asal daerah ngapak selanjutnya adalah PO Sinar Mas yang berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah. Perusahaan otobus Sinar Mas yang didirikan oleh Yimmy Riadi ini melayani transportasi wisata di Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan sebagian Sumatera.

Untuk armada, Unit big PO bus Sinar Mas menggunakan mesin Mercedes Benz, Hino, dan Scania. Sedangkan body bus menggunakan karoseri Adiputro.

Demikian ulasan PO bus asal daerah ngapak. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut