get app
inews
Aa Read Next : Sederet PO Bus Asal Daerah Ngapak, Nomor 3 Telah Melayani Sejak Tahun 1947

7 Trayek PO Bus Terjauh di Indonesia, Ada yang Tempuh Seminggu Perjalanan

Sabtu, 18 Juni 2022 | 10:07 WIB
header img
Perusahaan otobus (PO bus) di Indonesia ada yang memilki trayek hingga ribuan kilometer dan memakan waktu perjalanan berhari-hari. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan otobus (PO Bus) yang memiliki trayek terjauh ada di Indonesia. Selain menjadi tranportasi masyarakat, bus juga menjadi alternatif bepergian antar kota antar propinsi (AKAP) yang paling diminati.

Walaupun sempat terseok-seok akibat kalah bersaing dengan pesawat murah, namun mereka kembali tumbuh melalui pelayanan yang lebih baik dan pangsa pasarnya sendiri.

Tapi yang menarik di antara perusahaan otobus (PO bus), ternyata ada yang memilki trayek hingga ribuan kilometer. Bahkan tak terbayangkan ketika para penumpangnya harus melalui perjalanan hingga berhari-hari.

Lantas, PO bus mana saja yang memiliki trayek terjauh di Indonesia. Dirangkum dari berbagai sumber berikut deretannya. 

1. PO Bus ALS

Antar Lintas Sumatera (ALS) merupakan PO bus asal Mandailing, Sumatera Utara yang berdiri pada 1966. ALS dikenal dengan rekor trayek terjauh di Indonesia. Bus ini dikenal sebagai raja jalanan dan paket dari Sumatera. 

Trayek terjauh ALS adalah Medan-Jember dengan jarak sekitar 3.000 km. Perjalanan bus ini memakan waktu seminggu dan bahkan lebih.

2. PO PMTOH

Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH) merupakan salah satu PO bus tertua di Indonesia. Bus yang berdiri sejak 1957 ini melayani trayek dari ujung Sumatera hingga Jawa. Bus asal Banda Aceh ini bersanding dengan bus-bus terkenal lainnya. Rute terjauh bus tersebut adalah Medan-Solo dengan jarak tempuh 2.524 km dan waktu tempuh 55 jam.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut