get app
inews
Aa Read Next : Sederet PO Bus Asal Daerah Ngapak, Nomor 3 Telah Melayani Sejak Tahun 1947

Persaingan Super Ketat, Daerah Ini Terkenal Miliki Trayek PO Bus Terpadat di Indonesia

Jum'at, 01 Juli 2022 | 14:51 WIB
header img
Trayek PO bus Surabaya-Malang PP menjadi rute terpadat di Indonesia karena beberapa faktor. (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu moda transportasi darat yang menjadi favorit masyarakat adalah bus. Trayek yang lintasi transportasi darat yang satu ini memang menjangkau hampir seluruh kota yang ada di Indonesia.

Kebanyakan, bus melayani trayek antarkota, antardaerah, antarprovinsi, hingga antarpulau. Sedangkan trayek sendiri Meri istilah dari rute pelayanan jasa angkutan orang yang memiliki asal dan tujuan perjalanan tetap, lintasan tetap, serta memiliki izin dari Dinas Perhubungan

Namun dari sekian banyak trayek perusahaan otobus (PO) di Indonesia, ada beberapa daerah yang memiliki trayek terpadat. Berikut daerah dengan trayek bus terpadat.

Trayek Surabaya-Malang PP. Trayek PO bus satu ini menjadi yang terpadat karena beberapa faktor.

Pertama, karena trayeknya terbilang pendek. Bayangkan, trayek Surabaya-Malang PP dapat ditempuh hanya dalam waktu dua jam. Belum lagi kalau lewat tol, waktu tempuhnya tentu bisa lebih singkat.

Tak hanya rutenya saja yang dekat, jadwal keberangkatannya juga demikian. Saat masuk jam sibuk selisih waktu keberangkatan bisa 10 menit saja, sehingga PO bus di trayek ini bersaing ketat.

Faktor kedua adalah karena trayek ini melalui daerah-daerah yang memiliki industri besar, seperti Pandaan. Pandaan menjadi kota perdagangan dan industri perwakilan dari ibukota Kabupaten Pasuruan, Bangil.

Tak heran, banyak sekali bus dijumpai di trayek ini, terutama saat jam berangkat dan pulang kerja.

Trayek juga melayani dua kota besar di Jawa Timur yang pasti banyak orang yang bepergian baik itu untuk bisnis, berwisata maupun aktivitas lain. Sebab itu, trayek ini selalu ramai penumpang.

Padatnya aktivitas masyarakat di trayek ini, banyak PO yang beroperasi di sini baik kelas ekonomi maupun kelas premium

Untuk kelas ekonomi, ada perusahaan otobus Restu Panda, Tentrem, Pelita Mas, AKAS Green, Medali Emas, dan Zena. Sementara untuk kelas patas ada Restu Panda, Tentrem, Kalisari, Hafana, Menggala, Damri, Laksana Anda dan lainnya.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut