get app
inews
Aa Read Next : Gol Kedua! Timnas U-23 Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan: Rafael Struick Menjadi Pahlawan

Fakta Film Avatar 2, Terinspirasi dari Suku Bajo Manusia Laut di Indonesia

Jum'at, 23 Desember 2022 | 08:15 WIB
header img
Film Avatar 2 The Way of Water yang terinspirasi dari kehidupan Suku Bajo yang ada di Sulawesi, Indonesia. Foto: Instagram Avatar 2

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Fakta film Avatar 2 The Way of Water belakangan ramai diperbincangkan banyak orang. Apalagi, Sekuel dari film Avatar The Way of Water ini terinspirasi dari kehidupan Suku Bajo yang ada di Sulawesi, Indonesia.

James Cameron, sutradara Avatar The Way of Water mengungkapkan sekuel Avatar ke-2 ini terinspirasi dari suku di Indonesia yang lahir dan hidup di laut serta cara hidup yang unik.

Dikutip dari kanal YouTube National Geographic, James Cameron mengungkapkan jika dirinya pernah bercita-cita menjadi seorang penyelam agar dapat menikmati seluruh keindahan bawah laut yang ada di dunia ini. Sekuel Avatar kedua ini merupakan kesempatan James untuk mewujudkan mimpi tersebut dengan mengolaborasikan kecintaannya pada laut.

"Ada orang laut di Indonesia, yang tinggal di rumah panggung dan tinggal di rakit dan sebagainya, kami melihat hal-hal seperti itu dan kami melihat beberapa desa yang berbeda pada jalur air yang ada menggunakan arsitektur dari pohon-pohon lokal," ujar James.

Suku Bajo adalah perenang andal dan penjelajah laut yang dikenal sebagai manusia "Gipsy Sea". Kehidupan manusia laut ini menjadi inspirasi bagi film Avatar.

Sekuel film Avatar ini sendiri telah tayang di seluruh layar lebar di Indonesia sejak 14 Desember 2022 lalu. Lebih dari satu dekade setelah film pertama, "Avatar: The Way of Water" mengisahkan tentang keluarga Sully (Jake, Neytiri, dan anak-anak mereka), serta masalah yang dihadapi keluarga Sully ketika harus melawan keserakahan orang-orang langit (manusia).

Untuk melindungi rakyat dan keluarganya, Jake pergi mengasingkan dirinya bersama istri dan anak-anaknya dari hutan dan beraliansi dengan klan Metkayina yang tak lain adalah bangsa atau klan yang hidup berdampingan dengan lautan.

Di mana huniannya dibuat pada sela-sela akar pohon seperti bakau raksasa. Di sekuel Avatar 2 ini penonton akan disuguhi petualangan Jake bersama keluarganya, dan klan Metkayina melawan orang-orang langit.

James pun menjelaskan bagaimana film ini menggambarkan suku Bajo ini dalam sekuel Avatar sebagai klan Metkayina.

"Semua budaya navi tidak ingin menebang pohon, melihatnya menjadi barang-barang bangunan material kayu. Mereka ingin berintegrasi dengan cara yang sangat alami dan anggun serta bersimbiosis ke dalam lingkungan mereka. Jadi kami harus membuat arsitektur mereka," kata James.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut