Logo Network
Network

Kisah Sukses Pendiri Perusahaan Rokok HM Sampoerna, Liem Seeng Tee Berjualan di Gerbong Kereta

Viola Triamanda
.
Kamis, 09 Juni 2022 | 13:56 WIB
Kisah Sukses Pendiri Perusahaan Rokok HM Sampoerna, Liem Seeng Tee Berjualan di Gerbong Kereta
Liem Seeng Tee, anak yatim piatu yang sukses dirikan rokok HM Sampoerna. Foto: Dok Sampoerna

JAKARTA, iNews.id - Liem Seeng Tee merupakan pendiri PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk atau Sampoerna, salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Berkat kerja kerasnya, PT HM Sampoerna sukses hingga saat ini. 

Meski demikian, untuk menjadi sebuah perusahaan besar seperti saat ini tidak lah mudah. Kesuksesan PT HM Sampoerna Tbk tak bisa lepas dari sejarah pendirinya, Liem Seeng Tee hingga sahamnya kini dipegang Philip Morris International sebesar 92,5 persen.

Kisah pendiri perusahaan rokok tersebut diawali ketika Liem Seeng Tee yang saat itu masih berusia 5 tahun. Bersama ayah dan kakak perempuannya, mereka hijrah ke Indonesia dari Desa Anxi, Fujian, China dengan menumpang kapal dagang. Sementara ibunya telah meninggal dunia.

Dalam perjalanannya ketika tiba di Singapura, sang kakak diadopsi. Namun mereka kemudian tetap melanjutkan perjalanannya menuju Surabaya. Bahkan, sang ayahnya sempat sakit keras dan enam bulan kemudian meninggal dunia. 

Ketika itu, Liem yang sempat dititipkan kepada keluarga sederhana di Bojonegoro untuk melanjutkan hidupnya sebagai anak yatim piatu. Liem hidup bersama keluarga barunya yang penuh dengan keterbatasan. Namun dia banyak mempelajari ilmu-ilmu dasar berdagang hingga akhirnya bisa hidup mandiri.

Saat berusia 11 tahun, Liem memutuskan untuk pergi dari keluarga angkatnya. Liem yang telah belajar cara menghidupi dirinya sendiri, kemudian berjualan di gerbong kereta jurusan Jakarta-Surabaya.

Dari hasil jualan itu, dia mengumpulkan uang untuk membeli sebuah sepeda. Kemudian pada 1912, Liem menikah dengan Siem Tjiang Nio. Demi mencukupi kebutuhan hidup, mereka menyewa sebuah warung kecil di Jalan Tjantian di kawasan kota tua, Surabaya. 

Follow Berita iNews Cilacap di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini