get app
inews
Aa Read Next : Sejarah G30S PKI, Peran Pasukan Cakrabirawa yang Kini Menjadi Paspampres

Hari Lahir Pancasila, Puan: Perjuangan untuk Memuliakan Manusia

Rabu, 01 Juni 2022 | 17:58 WIB
header img
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hari lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Ketua DPR Puan Maharani menjelaskan prinsip perikemanusiaan yang dicetuskan kakeknya Soekarno, yang menjadi roh dalam Sila Kedua Pancasila.

“Bahwa Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab itu adalah idealisasi perjuangan untuk memuliakan hak-hak asasi manusia sekaligus ikut memperjuangkan perdamaian dan keadilan dunia,” kata Puan, Rabu (1/6/2022).

Menurut dia, prinsip internasionalisme atau perikemanusiaan ini dicetuskan Bung Karno agar nasionalisme Indonesia tidak menganut nasionalisme yang chauvinis, melainkan menjadi bangsa yang mewujudkan persaudaraan dunia.

Puan merefleksikan Hari Lahir Pancasila sebagai perjuangan untuk memuliakan manusia dan mewujudkan perdamaian dunia di tengah pandemi Covid-19, serta konflik geopolitik yang tengah melanda. 

“Pandemi dan perang sama-sama memakan korban bernama manusia. Karenanya, refleksi atas Kemanusiaan Yang Adil Beradab di Hari Lahir Pancasila ini menjadi sangat relevan,” kata Puan.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut