get app
inews
Aa Read Next : Pencopotan Bintang Dua Ferdy Sambo Dilakukan Presiden

Sejarah G30S PKI, Peran Pasukan Cakrabirawa yang Kini Menjadi Paspampres

Sabtu, 30 September 2023 | 16:49 WIB
header img
Pasukan Cakrabirawa yang kini menjadi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) merupakan pasukan yang setia, dan diresmikan oleh Soekarno di Wina, Austria pada 6 Juli 1963. Foto: Film G30S PKI

JAKARTA, iNewsCilacap.idSejarah G30S PKI tak lepas dari peran Pasukan Cakrabirawa (Tjakrabirawa) merupakan salah satu pasukan elite di Indonesia. Pasukan Cakrabirawa yang kini menjadi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) merupakan pasukan yang setia, dan diresmikan oleh Soekarno di Wina, Austria pada 6 Juli 1963.

Resimen Cakrabirawa ini dibentuk untuk meningkatkan kemampuan pengamanan Presiden Soekarno, yang sebelumnya hanya dikawal oleh Detasemen Kawal Pribadi (DKP) di bawah pimpinan Komisaris Besar Polisi Mangil Martowidjoyo.

Pembentukan Pasukan Cakrabirawa ini akibat kurang sempurnanya pengamanan presiden pada saat itu. Di mana ada percobaan pembunuhan saat Shalat Idul Adha 14 Mei 1962, kejadian tersebut dianggap sangat membahayakan presiden.

Hingga akhirnya Letnan Kolonel CMP Sabur menghadap istana dengan membawa laporan perencanaan pasukan pengawal Istana Presiden yang lebih sempurna. Setelah itu, Letnan membentuk tim yang betugas mengawal presiden dengan meminta satu batalyon terbaik dari setiap Angkatan Bersenjata AD, AL, AU, dan Kepolisian.

Melalui Surat Keputusan Nomor 211/PLT/1962 Soekarno membentuk Pasukan Cakrabirawa yang diresmikan dengan upacara sederhana. Soekarno saat itu menyerahkan baret merah tua dan tongkat komando kepada Sabur yang berpangkat Letnan Kolonel yang sejak awal berencana membuat pasukan pengawal Istana Presiden. 

Soekarno sendiri yang memberikan nama Cjakrabirawa, karena kesukaannya kepada dunia pewayangan. Tjakrabirawa sendiri merupakan senjata ampuh milik Batara Kresna yang dapat menumpas semua kejahatan di dalam lakon wayang purwa. 

Pasukan Tjakrabirawa adalah gabungan pasukan dari orang-orang pilihan di matra TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU) dan Kepolisian.

Semboyan dari pasukan Cakrabirawa, yakni “Dirgayu Satyawira” yang artinya Prajurit Setia Berumur Panjang. 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut