get app
inews
Aa Read Next : Google Doodle Hari Ini Tampilkan Tempe Mendoan Asal Banyumas

Semarak Hari Tari Sedunia: Google Doodle Angkat Pesona Tari Rangkuk Alu dari Manggarai

Senin, 29 April 2024 | 16:12 WIB
header img
Semarak Hari Tari Sedunia: Google Doodle Angkat Pesona Tari Rangkuk Alu (ss google tari)

iNewscilacap.id - Hari ini, 29 April, diperingati sebagai Hari Tari Sedunia. Google, raksasa mesin pencarian, turut menyemarakkan momen ini dengan menampilkan Tari Rangkuk Alu dari Manggarai, Nusa Tenggara Timur, sebagai Google Doodle.

Doodle tersebut digambarkan dengan animasi yang dinamis, menampilkan seorang penari yang dengan lincah melompat dan menghindari jepitan bambu.

Menurut penjelasan Google, Tari Rangkuk Alu merupakan "gaya tarian dari permainan tradisional Rangkuk Alu di Manggarai, Indonesia, yang melibatkan manuver melalui jaring bambu yang bergerak." Tarian ini memang unik dan penuh energi, mencerminkan semangat dan kelincahan masyarakat Manggarai.

Melansir situs web Pemerintah Kabupaten Manggarai, Tari Rangkuk Alu memiliki sejarah panjang dan erat kaitannya dengan budaya setempat. Dahulu, tarian ini biasa ditampilkan saat usai panen raya dan bulan purnama sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan hasil panen.

Tari Rangkuk Alu berawal dari permainan tradisional yang memanfaatkan susunan bambu yang dimainkan dengan cara diapit dan diayunkan beberapa orang. Kemudian, salah satu pemain akan melompat menghindari jepitan bambu tersebut. Dari gerakan melompat inilah, tarian Rangkuk Alu kemudian berkembang.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut