get app
inews
Aa Read Next : 8 Peluang Usaha Menjanjikan di Kabupaten Jepara, Bisnis Mudah Dengan Omset Ratusan Juta

11 Kuliner Khas Jepara: Merayakan Kelezatan Tradisional yang Menggoyang Lidah

Selasa, 16 Januari 2024 | 19:36 WIB
header img
11 Kuliner makanan khas Jepara /Pixabay@drevleanin

CILACAP,iNewsCilacap.id  -   Jepara, kota kelahiran RA Kartini, tidak hanya menawarkan pesona alam yang memukau dengan pantai-pantai yang indah, tetapi juga memperkaya pengalaman wisatawan melalui keberagaman kuliner yang luar biasa.

Bagi pencinta kuliner, sebuah perjalanan ke daerah ini bukanlah perjalanan lengkap tanpa mencicipi keunikan dan kelezatan makanan khasnya.

Keindahan Alam dan Kenikmatan Kuliner

Jepara bukan hanya dikenal dengan pesona pantainya yang langsung berbatasan dengan laut Jawa, tetapi juga dengan wisata kepulauan Karimun Jawa yang menjadi destinasi liburan favorit.

Namun, daya tarik Jepara tak hanya bersumber dari keindahan alamnya, melainkan juga dari ragam makanan khas Jawa Tengah yang melambangkan keistimewaan kuliner daerah ini.

Citarasa yang khas dan tradisional menjadikan Jepara sebagai paket lengkap dalam dunia wisata, menggabungkan keindahan alam dan kelezatan kuliner. Mari kita telusuri beberapa hidangan khas Jepara yang patut dicicipi.

1. Bongko Mento

Makanan ringan yang berasal dari keraton Jepara ini menggoda selera dengan paduan telur dadar, suwiran dada ayam tumis jamur tiram, bihun, dan santan. Dibungkus dalam daun pisang, Bongko Mento menjadi sajian lezat dengan sentuhan keraton yang unik.

2. Lontong Krubyuk

Hidangan ini menggabungkan lontong, suwiran daging ayam rebus, kuah bakso, tauge setengah matang, dan irisan seledri. Meskipun mirip dengan lontong pada umumnya, Lontong Krubyuk memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dan nikmat.

3. Kuluban

Dikenal sebagai "salad" khas Jepara, Kuluban terbuat dari berbagai sayuran seperti daun singkong, kangkung, labu siam, dan sawi. Bumbu parutan kelapa memberikan cita rasa yang kaya pada hidangan ini, menjadikannya pilihan sehat dan lezat.

4. Horok-horok

Makanan ringan ini, terbuat dari tepung pohon aren, telah menjadi legenda dan sulit ditemukan saat ini. Horok-horok dapat diolah menjadi variasi lain, seperti dicampur petis, bakso, gulai, atau bahkan dihidangkan sebagai minuman hangat.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut