get app
inews
Aa Read Next : Alfamart dan DLH Cilacap Gelar Pasar Murah Ramadhan 2024

Wajib Tau! Profil dan Harta Kekayaan Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri yang Gemar Bersepeda

Minggu, 24 Desember 2023 | 12:12 WIB
header img
Profil dan Harta Kekayaan Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muur/Pemkab Cilacap

CILACAP,iNewsCilacap.id - Menggantikan Yunita Dyah Suminar sebagai Pelaksana Tugas (Pj) Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri telah memulai tugasnya sejak 20 November 2023. Sebelum menjabat sebagai Pj Bupati, Awaluddin Muuri telah memiliki pengalaman luas sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cilacap.

Pelantikan dilakukan di Gedung Gradhika Bhakti Praja dan dipimpin oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana.

Kabupaten Cilacap, dengan luas wilayah mencapai 2.249 km2, merupakan kabupaten terluas di Jawa Tengah. Dengan keberagaman ekonomi, sosial budaya, dan geografis, memimpin Kabupaten Cilacap menjadi tantangan yang tidak ringan.

Awaluddin Muuri akan memimpin pemerintahan Kabupaten Cilacap hingga 2024 atau hingga terpilihnya seorang bupati yang baru melalui Pilkada serentak.

Sebagai seorang birokrat yang telah lama berkiprah di pemerintahan Kabupaten Cilacap, Awaluddin Muuri diharapkan dapat melanjutkan tren positif perekonomian daerah tersebut.

Kabupaten Cilacap juga dikenal sebagai salah satu kabupaten dengan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) tertinggi di Jawa Tengah.

Harta Kekayaan Awaluddin Muuri

Menariknya, selain profilnya sebagai seorang birokrat yang berpengalaman, Awaluddin Muuri juga dikenal sebagai penggemar olahraga sepeda.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk periode 2022, Awaluddin Muuri melaporkan harta kekayaannya yang mencapai lebih dari Rp1 miliar.

  1. Tanah dan Bangunan: Awaluddin Muuri memiliki 3 bidang tanah dan bangunan senilai Rp923 juta, yang semuanya berada di Kabupaten Cilacap dan merupakan hasil sendiri.

  2. Alat Transportasi: Aset berupa alat transportasi mencapai Rp202 juta, terdiri dari 1 unit mobil Honda Mobilio tahun 2016, dan 2 unit sepeda motor, yaitu Honda Beat 2017 dan Yamaha Aerox 2018.

  3. Sepeda: Sebagai pecinta sepeda, Awaluddin Muuri melaporkan 3 unit sepeda mewah, termasuk sepeda Pinarello 2015 senilai Rp20 juta, sepeda Orbea 2015 senilai Rp9 juta, dan sepeda lipat 2019 senilai Rp9 juta.

  4. Harta Bergerak dan Kas: Harta bergerak dilaporkan sebesar Rp135,66 juta, dan kas serta setara kas mencapai Rp588,69 juta.

  5. Hutang: Awaluddin Muuri melaporkan adanya hutang sebesar Rp379.619.638.

Dengan demikian, total seluruh harta kekayaan Awaluddin Muuri, sesuai LHKPN, adalah sebesar Rp1.469.730.372. Data ini memberikan gambaran komprehensif tentang aset dan kewajiban keuangan Pj Bupati Cilacap yang baru.

Sebagai seorang pemimpin daerah, kemampuan dalam mengelola kekayaan pribadi juga menjadi sorotan masyarakat, yang dapat menjadi tolok ukur kewajaran dan kebijakan yang diambilnya dalam memimpin Kabupaten Cilacap.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut