get app
inews
Aa Read Next : Jangan Buang Kantong Teh Bekas, Ternyata Bisa Dipakai untuk Perawatan Tubuh!

Selain Enak Digoreng, Ternyata Ini Manfaat Tempe untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Jum'at, 24 Februari 2023 | 16:12 WIB
header img
Mengenal manfaat tempe untuk kesehatan (Foto: Peace by Peas)

1. Kesehatan Usus

Tempe kaya akan serat, khususnya jenis serat yang dikenal sebagai prebiotik.  Serat ini memberi makan bakteri menguntungkan di usus, membantu mereka berkembang dan bertambah jumlahnya. Banyak dari bakteri usus ini menghasilkan senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek, yang memiliki efek menguntungkan pada usus serta kesehatan secara menyeluruh.

2. Kesehatan Tulang

Tempe kaya akan mineral yang baik untuk tulang termasuk kalsium, magnesium, dan fosfor.  Selain itu, proses fermentasi yang terlibat dalam produksi tempe memecah senyawa yang dikenal sebagai anti nutrisi, yang dapat menghambat penyerapan beberapa mineral tersebut. Hal ini membuat makanan fermentasi lebih mudah dicerna dan nutrisi yang diberikannya lebih mudah untuk di serap.

3. Bantu Kelola Kolesterol 

Produk kedelai mengandung senyawa alami yang disebut isoflavon, konsumsi rutin yang dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol. Studi menunjukkan senyawa tersebut termasuk pengurangan lipoprotein densitas rendah (LDL), jenis yang sering disebut sebagai kolesterol 'jahat', serta kolesterol total.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut