get app
inews
Aa Read Next : Jangan Buang Kantong Teh Bekas, Ternyata Bisa Dipakai untuk Perawatan Tubuh!

Selain Enak Digoreng, Ternyata Ini Manfaat Tempe untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Jum'at, 24 Februari 2023 | 16:12 WIB
header img
Mengenal manfaat tempe untuk kesehatan (Foto: Peace by Peas)

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Tempe merupakan salah satu lauk yang mudah dimasak sehari-hari. Tempe terbuat dari bahan utama kacang kedelai dan paling enak dimasak dengan cara digoreng.

Masyarakat Indonesia tentunya sudah akrab dengan makanan yang berbahan dasar sari kacang kedelai satu ini, yaitu, tempe.

Melalui proses fermentasi, tempe biasanya jadi makanan alternatif pengganti daging. Tempe bisa dimakan dengan berbagai macam olahan, tak hanya lezat tempe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Lantas, apa saja manfaat tempe yang belum diketahui banyak orang? Berikut ulasannya dirangkum melalui BBC Good Food, Jumat (24/2/2023).

1. Kesehatan Usus

Tempe kaya akan serat, khususnya jenis serat yang dikenal sebagai prebiotik.  Serat ini memberi makan bakteri menguntungkan di usus, membantu mereka berkembang dan bertambah jumlahnya. Banyak dari bakteri usus ini menghasilkan senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek, yang memiliki efek menguntungkan pada usus serta kesehatan secara menyeluruh.

2. Kesehatan Tulang

Tempe kaya akan mineral yang baik untuk tulang termasuk kalsium, magnesium, dan fosfor.  Selain itu, proses fermentasi yang terlibat dalam produksi tempe memecah senyawa yang dikenal sebagai anti nutrisi, yang dapat menghambat penyerapan beberapa mineral tersebut. Hal ini membuat makanan fermentasi lebih mudah dicerna dan nutrisi yang diberikannya lebih mudah untuk di serap.

3. Bantu Kelola Kolesterol 

Produk kedelai mengandung senyawa alami yang disebut isoflavon, konsumsi rutin yang dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol. Studi menunjukkan senyawa tersebut termasuk pengurangan lipoprotein densitas rendah (LDL), jenis yang sering disebut sebagai kolesterol 'jahat', serta kolesterol total.

4. Kaya Protein

Kacang kedelai adalah sumber protein nabati yang berguna, menyediakan kesembilan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perbaikan, dan fungsi seperti kekebalan, yang sangat bermanfaat terutama bagi para vegan.

Tempe sangat kaya akan protein, yang memberikan efek mengenyangkan, serta menjadi makanan tambahan yang berguna bagi mereka yang ingin mengontrol nafsu makan dan mengatur berat badan.

5. Sumber Antioksidan

Isoflavon kedelai adalah antioksidan yang demikian membantu meminimalkan kerusakan yang disebut stres oksidatif, yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Studi menunjukkan isoflavon membantu mengurangi stres oksidatif yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi tempe.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut