get app
inews
Aa Read Next : Cek Sekarang! 10 Destinasi Wisata Kudus Bikin Kalian Betah, Pemandangannya Bak Syurga

Mengenal Pulau Paling Menakutkan di Dunia, Jangan Berani Berkunjung walau Tempatnya Indah!

Jum'at, 17 Februari 2023 | 19:55 WIB
header img
Mengenal Pulau Andaman yang sangat menakutkan (Foto: indiatoday)

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Ada banyak pulau di berbagai negara yang menyimpan keunikan dan keindahan alam yang memesona. Hamparan pasir putih dan air laut yang jernih dijamin membuat siapa saja ingin berkunjung.

Namun, berbeda ceritanya untuk pulau satu ini. Meskipun memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, nyatanya pulau ini sangat berbahaya untuk dikunjungi. 

Penasaran pulau apa yang sangat berbahaya dikunjungi walau sangat berbahaya? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (17/2/2023).

Pulau berbahaya dihuni Suku Sentinel

Pulau kecil nan indah ini tersembunyi di kawasan India, dihuni oleh kelompok masyarakat terasing. Penghuni pulau ini akan memanah siapa saja orang luar dari pulau tersebut. Mereka tidak menerima dunia luar dan hidupnya sangat primitif. Suku Sentinel memang unik. Mereka adalah kelompok masyarakat yang menutup diri dari dunia luar. Bahkan, tega memanah setiap orang asing yang berkunjung ke pulau Suku Sentinel berada.

Suku Sentinel mendiami pulau yang ada di gugusan Kepulauan Andaman di Teluk Benggala. Letak pulau ini berada di sebelah barat bagian selatan Pulau Andaman Selatan. Bisa dikatakan masih di kawasan India.

Keturunan manusia pertama di Afrika

Meskipun Kepulauan Sentinel Utara adalah bagian dari negara India, uniknya suku yang mendiami pulau ini bukanlah suku asli India, Ada berbagai macam versi yang diketahui tentang asal suku ini Melansir dari The News Minutes, menurut Survival International, gerakan global untuk hak-hak suku bangsa, Sentinel diyakini sebagai keturunan langsung dari populasi manusia pertama di Afrika dan diperkirakan telah menghuni Pulau Sentinel Utara di Andaman selama sekitar 60.000 tahun.

Mereka dikenal sebagai orang-orang yang ‘tidak bisa dikontak’. Sangat sedikit yang diketahui tentang Suku Sentinel, di mana pengamatan banyak dilakukan dalam jarak jauh, karena suku ini terus menolak untuk berhubungan dengan dunia luar atau bahkan peradaban lainnya. Suku ini hidup layaknya orang-orang pada zaman batu. Mereka masih membuat alat dan senjata dari logam, yang mereka peroleh dari kapal karam di sekitar Pulau Sentinel Utara. 

Salah satu cerita yang paling terkenal tentang kekejaman Suku Sentinel untuk tidak melakukan kontak dengan orang di luar suku mereka adalah, ketika seorang pria bernama John Chau seorang misionaris yang berasal dari Alabama, Amerika Serikat datang ke Pulau Sentinel Utara mencoba untuk menyebarkan agama Kristen kepada orang-orang suku Sentinel, namun naas perjalanan tersebut justru membawa menuju kematian.

Tak hanya John Chau, beberapa orang yang pernah menyinggahi pulau tersebut juga didapati dua jenazah bahkan setelah pulau ini dilanda tsunami, helikopter yang terbang di dekat pulau ini pernah mendapat ancaman dari orang-orang suku Sentinel menggunakan anak panah dan tombak.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut