get app
inews
Aa Read Next : Terbaru! 5 Bakal Calon Bupati Banyumas 2024 Diperkirakan Maju, Siapa yang Berpotensi Memimpin?

Usaha Rumahan Ikan Nila Crispy di Purwokerto Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah per Bulan

Rabu, 01 Februari 2023 | 18:40 WIB
header img
Usaha Rumahan Ikan Nila Crispy di Purwokerto Ini Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah per Bulan. Foto: Saladin Ayyubi

PURWOKERTO, iNewsCilacap.id - Usaha rumahan ikan nila crispy yang digeluti seorang ibu rumah tangga di Purwokerto, Kabupaten Banyumas sukses meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Warga Kelurahan Bobosan, Kecamatan Purwokerto Utara ini berhasil mengolah ikan nila atau mujahir hingga ke pelosok Nusantara.

Ia adalah Sri Narsih, seorang ibu rumah tangga yang sudah mengelola usaha rumahan ini sejak tahun 2019. Hampir setiap pagi, Sri Narsih sudah disibukkan dengan memilah-milah ikan nila dari pedagang yang datang ke rumahnya. Ikan nila berukuran dua jari orang dewasa merupakan bahan dasar membuat nila crispy.

Sebelumnya sukses seperti saat ini, Sri biasanya hanya mengolah sekitar 40 kilogram ikan nila dalam sebulannya untuk dibuat nila crispy. Tapi kini, ia sudah bisa menambah ikan nila hingga 400 kilogram setiap bulannya, hal ini seiring dengan peningkatan jumlah konsumen yang menyukai olahan makanan berbahan dasar ikan nila ini.

“Semula saya hanya bisa menjual ke tetangga terdekat atau ke wilayah Purwokerto dan sekitarnya,” kata Narsih, Selasa (31/1/2023).

Tapi sekarang, ia bisa menjualnya hingga ke kota-kota besar di Indonesia seperti Bengkulu, Lampung, Bandung, Surabaya, Makassar, Jakarta hingga Bali. 

Tentu saja usaha yang dirintis Sri ini tidak begitu saja sukses tanpa adanya usaha keras. Sri sempat menutup usahanya ini hingga beberapa kali, namun Sri Narsih kembali bangkit dan melanjutkan perjalanan usaha rumahan ini hingga menuai hasil.

“Pembuatan nila crispy ini sebenarnya tergolong sederhana. Ikan nila dibersihkan, diberi bumbu, lalu digoreng dan ditiriskan. Selanjutnya ikan nila yang sudah digoreng ini dikemas dengan berbagai jenis kemasan,” katanya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut