get app
inews
Aa
Read Next : Dua Siswa Tewas Tenggelam di Sungai Pemali

KAI Serentak Tanam Pohon dan Hijaukan Stasiun di Berbagai Daerah

Selasa, 10 Januari 2023 | 14:42 WIB
header img
KAI Serentak Tanam Pohon dan Hijaukan Stasiun di Berbagai Daerah. Foto: Dok KAI

BREBES, iNewsCilacap.id - Program Hari Gerakan Satu Juta Pohon dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) secara serentak pada Selasa (10/1/2023) di berbagai wilayah kerja KAI. Aksi penghijauan ruang publik ini secara seremonial dilaksanakan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo beserta jajaran di Stasiun Linggapura, Kabupaten Brebes.

Penanaman pohon ini merupakan salah satu upaya KAI dalam mendukung program pemerintah yang diperingati setiap tanggal 10 Januari. Penanaman pohon serentak ini juga merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan KAI melalui program KAI Go Green.

“Penanaman pohon ini merupakan salah satu pelaksanaan program strategis perusahaan yang sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB terkait melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan eksosistem daratan," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangannya.

Program penghijauan di Stasiun Linggapura tersebut dilakukan dengan menanam pohon trembesi, tabebuya, pule, dan buah-buahan. Penanaman pohon secara serentak ini juga dilakukan di berbagai stasiun, lingkungan kantor dan aset perusahaan lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas udara agar semakin baik.

Langkah penghijauan di stasiun juga dilakukan dengan pembuatan taman-taman di area stasiun yang merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Dengan semakin banyak stasiun yang asri dan indah maka pelanggan akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api. 

Di samping itu, penanaman pohon secara masif yang dilakukan KAI merupakan salah satu upaya untuk mengamankan jalur kereta api dari bahaya longsor dan banjir yang membahayakan perjalanan kereta api.

Sampai dengan tahun 2022, KAI telah melakukan penanaman pohon sebanyak 77.000 pohon. Di awal 2023 ini, KAI memulai tahun dengan penanaman pohon untuk menunjukkan bahwa KAI tidak hanya mencari keuntungan melalui operasional kereta api, tetapi juga menjalankan ESG yang menaruh kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, sosial, dan governance.

“Gerakan KAI dalam Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global sekaligus membantu pemerintah dalam pencapaian target emisi nol pada tahun 2060.” pungkas Didiek.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut