Logo Network
Network

10 Makanan Khas Cilacap yang Wajib Dicoba, Cocok sebagai Oleh-Oleh

Nurul Amanah
.
Jum'at, 06 Januari 2023 | 09:59 WIB
10 Makanan Khas Cilacap yang Wajib Dicoba, Cocok sebagai Oleh-Oleh
Makanan khas Cilacap, Brekecek pathak jahan (Foto: visitjawatengah.jatengprov.go.id)

5. Abon ikan tuna

Saat berkunjung ke Cilacap jangan lupa untuk mencoba abon ikan tuna. Kuliner Cilacap ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Abon ini terbuat dari ikan tuna pilihan yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah. 

6. Tempe Deges

Tempe deges adalah tempe yang terbuat dari kacang kedelai. Makanan ini berasal dari Kabupaten Cilacap, dan sering digoreng dengan tepung layaknya tempe mendoan.

Tempe deges memiliki warna putih kehitaman, ini disebabkan tempe deges terbuat dari ampas tahu yang difermentasi. Rasanya hampir sama dengan tempe gembus, hanya saja rupanya yang berwarna kehitaman.

7. Sate Martawi

Selanjutnya adalah Sate Martawi. Umumnya sate ditusuk dengan menggunakan satu tusuk bambu saja, tapi untuk Sate Martawi ini menggunakan dua tusuk bambu.

Sate Martawi disajikan dengan bumbu kacang seperti sate pada umumnya, namun untuk bumbu kacang sate martawi ini agak sedikit encer. Rasa gurih rempahnya sangat terasa pada daging ayam, bahkan sate ini begitu nikmat dikonsumsi meski tanpa saus kacang.

8. Rempeyek yutuk

Rempeyek umumnya biasanya diberi kacang tanah, udang atau ikan teri. Tapi, rempeyek khas Cilacap ini dibuat dengan yutuk atau undur-undur laut yang mirip seperti udang. Rasanya sangat lezat dan gurih. Rempeyek yutuk ini banyak ditemukan di warung-warung yang berada di pantai selatan Cilacap.

9. Lepet

Lepet terbuat dari campuran ketan dan kelapa parut lalu dililit dengan janur kuning seperti lemper. Mudah ditemukan di pasar tradisional di Cilacap dan kerap jadi sajian saat hajatan warga.

10. Gembus

Gembus memiliki rasa yang gurih dan renyah. Paling nikmat disantap hangat-hangat ketika cuaca dingin dengan ditemani secangkir kopi. Gembus sendiri terbuat dari singkong parut, tepung kanji, ketumbar, dan bawang putih lalu digoreng. Bentuknya sangat mirip donat. Itulah yang bikin gembus disebut juga donat jawa.

Itulah makanan khas Cilacap yang dapat dicicipi saat berkunjung atau sekedar untuk dijadikan oleh-oleh. Semoga informasi kuliner Cilacap ini bermanfaat.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini