10 Makanan Khas Cilacap yang Wajib Dicoba, Cocok sebagai Oleh-Oleh

Nurul Amanah
.
Jum'at, 06 Januari 2023 | 09:59 WIB
Makanan khas Cilacap, Brekecek pathak jahan (Foto: visitjawatengah.jatengprov.go.id)

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Makanan khas Cilacap menarik untuk diulas sebagai bahan referensi ketika mengunjungi kota yang memiliki julukan Kota Bercahaya. Sebagai daerah terluas di Jawa Tengah, ada beberapa kuliner Cilacap yang dapat dicicipi atau sekedar untuk dijadikan oleh-oleh.

Cilacap selain terkenal dengan wisata alam yang mempesona. Terdapat pula makanan khas yang terkenal sejak lama. Bahkan ada kuliner yang resmi menjadi makanan khas Cilacap berdasarkan surat keputusan Bupati Cilacap.

Lantas makanan khas Cilacap apa yang dapat dinikmati dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Berikut ulasan 10 kuliner Cilacap seperti dikutip dari Okezone.

10 Makanan Khas Cilacap

1. Brekecek Pathak Jahan

Makanan khas cilacap yang pertama adalah brekecek pathak jahan, kuliner ini resmi menjadi makanan khas Cilacap berdasarkan Surat Keputusan Bupati Cilacap Nomor 556/501/18/Tahun 2014 pada tanggal 6 November 2014.

Brekecek pathak jahan merupakan makanan khas Cilacap dari kepala ikan jahan yang dimasak lalu dicampurankan dengan bumbu rempah-rempah seperti cabai merah, kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, daun salam, gula merah, serai, dan kemiri. 

Brekecek pathak jahan akan terasa nikmat jika ditambah dengan daun kemangi dan perasan jeruk. Dengan tambahan bahan tadi, brekecek pathak jahan akan terasa sangat lezat dengan aromanya yang lebih wangi.

2. Keripiki sukun

Cilacap juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil sukun terbaik. Buah ini biasa diolah untuk berbagai penganan, salah satunya adalah keripik sukun. Kuliner Cilacap yang satu ini juga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, rasanya yang kriuk lezat, bisa menambah kenikmatan tersendiri saat mencicipi kripik sukun.

3. Tahu Masak

Jika ditelaah, makanan khas Cilacap yang satu ini mirip dengan makanan kupat tahu asal Cirebon. Tapi jika diperhatikan, komposisinya berbeda. Tahu masak khas Cilacap ini berupa tahu goreng yang diberi sayur mayur, serta diberi irisan kubis dan seledri. Rasa tahu masak terasa gurih, asam pedas, dan manis.

4. Walangan

Camilan ini rasanya legit dan gurih. Bentuknya serupa bakwan. Tapi, walangan terbuat dari campuran parutan nangka, pisang, dan tepung, kemudian digoreng.

Follow Berita iNews Cilacap di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini