Logo Network
Network

Pencegahan dan Cara Turunkan Kolesterol Setelah Konsumsi Daging Kurban

M Purwadi
.
Minggu, 10 Juli 2022 | 08:34 WIB
Pencegahan dan Cara Turunkan Kolesterol Setelah Konsumsi Daging Kurban
Ilustrasi olahan daging

JAKARTA, iNews.id - Hari Raya Idul Adha dapat dipastikan bakal mengonsumsi daging kurban. Baik itu daging kambing, domba atau sapi.

Bagaimana cara agar mengonsumsi daging kurban, tetapi kolesterol tetap terjaga dan tidak naik? Maka konsumsi olahan daging harus dibatasi. Supaya kolesterol tidak tinggi. Untuk itulah penting sekali menjaga asupan makanan agar tubuh tetap sehat.

Berikut tips mengatasi kadar kolesterol tinggi saat Hari Raya Idul Adha darii pakar gizi dari Universitas Airlangga (Unair) Lailatul Muniro. 

Begini cara untuk menurunkan kolesterol, bisa ditempuh dengan cara sebagai berikut:

1. Konsumsi sayuran dan buah tinggi serat

Langkah preventif atasi kolesterol tinggi yang pertama ialah memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat. Seperti stroberi, pisang, pir, apel, jeruk, wortel, dan brokoli. Karena serat dapat melarutkan kolesterol jahat.

Usai Idul Adha, dia meminta warga memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat. Mengkonsumsi lebih banyak sayur dari jenis kacang-kacangan seperti kacang polong dan buncis yang banyak mengandung serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

"Selain itu mengonsumsi kacang-kacangan yang rendah lemak seperti almond, walnut juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat,”katanya.

Follow Berita iNews Cilacap di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini