Logo Network
Network

Pemkab Bersama Pertamina Kilang Cilacap Tanam 14 Ribu Mangrove

Tim iNews
.
Jum'at, 08 Juli 2022 | 07:30 WIB
Pemkab Bersama Pertamina Kilang Cilacap Tanam 14 Ribu Mangrove
Sebanyak 14 ribu batang mangrove di Kutawaru, Cilacap. (Foto: Pemkab Cilacap)

CILACAP, iNews.id - Pemkab Cilacap bersama PT Kilang Pertamina International menanam 14.000 batang mangrove di Kelurahan Kutawaru, Cilacap Tengah, Kamis (7/7/2022). 

Kegiatan yang dihadiri Bupati Tatto Suwarto Pamuji ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup.

Acara ini turut dihadiri General Manager R&P Project Infrastructure PT Kilang Pertamina International, Bambang Harimurti beserta jajarannya, Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Cilacap, M. Wijaya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, Sri Murniyati, Administratrur Perum Perhutani KPH Banyumas Barat, serta lainnya.

General Manager R&P Project Infrastructure PT Kilang Pertamina International, Bambang Harimurti menjelaskan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian PT Kilang Pertamina International untuk pelestarian ekosistem. Sebab disadari, dalam melaksanakan ekspansi proyek sedikit banyak akan mengganggu keseimbangan lingkungan.

“Untuk itu kami akan terus menggulirkan program-program yang terkait dengan lingkungan dan hari ini salah satunya dengan menanam 14.000 pohon mangrove di Cilacap. Penanaman mangrove di Kabupaten Cilacap ini merupakan pilot project yang akan diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia,” jelasnya seperti dikutip dari laman Pemkab Cilacap.

Bupati Tatto Suwarto Pamuji menjelaskan, Kabupaten Cilacap memiliki potensi lahan mangrove yang cukup luas dengan jumlah sekitar 50 jenis mangrove. Namun, upaya untuk menjaga kelestarian ekosistem mangrove ini, tidak dapat dilaksanakan hanya oleh Pemerintah, melainkan dibutuhkan keterlibatan dan kerjasama semua pihak.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan pada hari ini diharapkan benar-benar memberikan manfaat dalam mendukung keberlangsungan hidup ekosistem laut, meredam gelombang tsunami, dan mencegah abrasi pantai,”kata Tatto dalam laman Pemkab Cilacap.

Sebagai informasi, Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 mengusung tema “Only One Earth” atau dalam tema Indonesia yaitu “Satu Bumi Untuk Masa Depan”. Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan penanaman mangrove secara simbolis oleh Bupati, Forkopimda, jajaran manajemen PT Pertamina Kilang Internasional, dan pejabat lainnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Cilacap di Google News

Bagikan Artikel Ini