Logo Network
Network

Ratusan Calon TKI di Cilacap Tertipu Agen Penyalur hingga Miliaran Rupiah

Heri Susanto
.
Senin, 20 Juni 2022 | 16:35 WIB
Ratusan Calon TKI di Cilacap Tertipu Agen Penyalur hingga Miliaran Rupiah
Tersangka penipuan calon TKI saat digelandang di Polres Cilacap. (Heri Susanto)

CILACAP, iNews.id - Ratusan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mengalami penipuan. Para calon pekerja migran itu dijanjikan oleh pelaku penipuan untuk menyetorkan sejumlah uang agar dapat segera berangkat ke negara tujuan.

Namun, hingga waktu tiga bulan, para calon TKI yang telah membayar uang pendaftaran sebesar Rp 5 juta per orangnya tak juga kunjung diberangkatkan. Mereka akhirnya melaporkan T warga Karangtalun, Cilacap Utara ke Polres Cilacap.

Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Cilacap akhirnya menangkap wanita paruh baya berinisial T. Dia ditangkap karena melakukan penipuan terhadap calon TKI.

Modus yang digunakan pelaku yakni menjanjikan para korban untuk berangkat menjadi TKI dengan tujuan negara Korea Selatan.

Tersangka berdalih uang yang telah disetorkan para calon TKI telah digunakan untuk keperluan mengurus berbagai persyaratan, mulai dari tes kesehatan hingga mengurus paspor. Namun hingga waktu yang dijanjikan, para korban tidak kunjung diberangkatkan.

“Dari pemeriksaan, tersangka mengaku sebagai agen penyalur TKI berhasil menipu seratusan calon TKI,” kata Wakapolres Cilacap, Kompol Suryo Wibowo, Senin (20/6/2022).

Follow Berita iNews Cilacap di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.