get app
inews
Aa Read Next : Cilacap Jadi Tuan Rumah Bergengsi Pra Popda Banyumas 2024, PJ Bupati Cilacap: Selamat Bertanding

5 Destinasi Wisata Tersembunyi di Pulau Nusakambangan Cilacap, Sayang Jika Dilewatkan

Minggu, 05 Juni 2022 | 15:50 WIB
header img
Selain penjara, Pulau Nusakambangan juga memiliki destinasi wisata tersembunyi yang indah. (Foto KKP)

MENDENGAR nama Pulau Nusakambangan bagi sebagai orang biasanya akan berpikir tentang penjara narapidana kelas berat, tempat eksekusi mati, binatang buas yang masih lengkap di hutan Nusakambangan. Hingga beberapa cerita mistis masyarakat sekitar.

Pulau Nusakambangan memang memiliki beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dengan tingkat keamanan super maksimum. Tak heran jika hampir narapidana yang berada di Nusakambangan bukanlah narapidana biasa, rata - rata yang menempati penjara Nusakambangan adalah narapidana kasus terorisme, mafia narkoba dan narapidana mati yang siap menunggu waktu eksekusi.

Namun, pulau yang secara geografis masuk wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ini tak seseram yang dibayangkan. Karena Pulau Nusakambangan juga memiliki destinasi wisata tersembunyi yang indah.

Berikut beberapa destinasi wisata di Pulau Nusakambangan yang dirangkum Okezone dari Indonesia Travel, channel Youtube Dear Widha, Direktori Pulau Kecil Indonesia, akun Instagram @explorenusakambangan :

1. Pantai Permisan

Pulau Nusakambangan terdiri dari dua wilayah, timur dan barat. Bagian barat adalah tempat sebagian besar penjara berada. Nusa Kambangan dipisahkan dari Pulau Jawa oleh selat Segara Anakan yang sempit.

Untuk mencapai pulau ini, Anda harus pergi ke Cilacap terlebih dahulu. Bandara terdekat adalah Bandara Tunggul Wulung, 9 km dari pusat kota.

Pantai Permisan sendiri berada di pesisir selatan Pulau Nusakambangan. Pasirnya memiliki warna yang unik dan bergradasi, karena hasil dari percampuran pasir putih dan hitam sehingga menghasilkan warna abu-abu yang cantik. Ombak di pantai ini tergolong besar.

Selain pantai nya yang indah, di pantai terdapat batu karang yang bisa anda naiki ketika ombak sedang surut. Namun harus hati-hati karena karangnya sedikit terjal. 

2. Pantai Ranca Babakan

Pantai Ranca Babakan ini dijuluki “Hidden Paradise”nya Cilacap karena memang lokasinya yang tersembunyi dan jarang dikunjungi orang.

Dalam video vlog yang diunggah oleh channel Youtube Dear Widah, perjalanan menuju ke Pantai Ranca Babakan memang cukup melelahkan karena untuk menuju ke sana perlu naik kapal 2 kali dan masih harus jalan kaki menyusuri hutan untuk bisa sampai ke pantai.

Namun rasa lelah akan terbayar karena pengunjung akan disambut pantai yang indah dan eksotis. Pasir pantai yang berwarna putih bersih dengan air laut yang berwarna biru kehijauan akan memanjakan mata anda.

“Overall ini pantainya tu sepi nggak ada orang, sama pasirnya tuh warna putih gitu. Keren banget” ungkap Youtuber Dear Widha dalam videonya yang diunggah pada 22 Juli 2020 lalu.

3. Goa Ratu

Goa Ratu terletak di perbukitan kapur di Pulau Nusakambangan bagian tengah. Goa Ratu ini cukup menarik sebagai obyek wisata alam. Dikutip dari Wikipedia, Panjang Goa Ratu kurang lebih 4 km dan lebar 20 meter.

Goa ini sangat masih alami karena ditumbuhi oleh pepohonan yang menambah kesejukan dan kenyamanan di dalamnya. 

Dari mulut goa ke dalam banyak dihiasi oleh stalaktit dan stalakmit yang masih asli dan relatif indah. Kedua goa tersebut mempunyai lorong yang mudah dilalui sampai dengan panjang 140 meter dan lebar 14 sampai 20 meter, sekitar 70 meter terdapat reruntuhan atap goa yang menunjukan pemandangan dengan latar belakang stalaktit dan stalakmit.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut