get app
inews
Aa Read Next : 8 Peluang Usaha Menjanjikan di Kabupaten Cilacap, Bisnis Mudah Dengan Omset Ratusan Juta

Ketika Calon Prajurit Kopassus Digembleng di Nusakambangan, Siap Disiksa jika Tertangkap

Rabu, 01 Juni 2022 | 15:35 WIB
header img
Salah satu pendidikan paling mengerikan calon prajurit Kopassus terjadi di Nusakambangan (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Sebelum resmi mengunakan baret merah, calon prajurit Kopassus (Komando Pasukan Khusus) harus melewati beberapa tahapan pendidikan yang tidak mudah. Salah satunya mengikuti pendidikan di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Pulau Nusakambangan sendiri dikenal sebagai pulau penjara. Apalagi di pulau yang sering kali disebut sebagai Alcatraz-nya Indonesia itu masih banyak terdapat hewan buas yang berkeliaran. Maka diantara tempat pendidikan Kopassus, Nusakambangan merupakan tempat latihan paling mengerikan.

Seperti dikutip dalam buku 'Pramono Edhie Wibowo dan Cetak Biru Indonesia ke Depan' terbitan 2014. Setidaknya ada tiga tahapan pendidikan yang harus diikuti calon prajurit Kopassus, yakni basic, hutan dan gunung, serta rawa dan laut. Setiap tahap pendidikan diisi materi teknik dan taktik pasukan khusus. Masing-masing memiliki tantangan tersendiri.

Dari ketiga tahap tersebut, rawa laut merupakan bagian akhir pendidikan Kopassus yang disebut paling mengerikan. Saking beratnya latihan, tahap ini juga dikenal dengan 'hell week' atau minggu neraka.

Dalam hell week, calon prajurit komando melakukan infiltrasi melalui rawa laut. Mereka harus mampu berenang melintas selat dari Cilacap ke Nusakambangan. Sederet pelatihan yang harus dilalui di tahap akhir ini meliputi navigasi, survival, pelolosan, renang ponco, dan pendaratan menggunakan perahu karet. 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut