get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Buah Naga, Tim Teknik Kimia UMP Juara 1 LKTI Nasional CheACo

Jalin Kerjasama Internasional, Geografi UMP Lakukan Pendampingan Suku Orang Rimba

Rabu, 01 Juni 2022 | 14:32 WIB
header img
Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berkolaborasi dengan NGO Belanda, dan Sokola Rimba, melakukan pemetaan hutan adat bersama Suku Orang Rimba. (Foto: Dok UMP)

PURWOKERTO, iNews.id - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berkolaborasi dengan NGO Belanda, dan Sokola Rimba, melakukan pemetaan hutan adat bersama Suku Orang Rimba, di Jambi. Kerjasama dalam maupun luar negeri ini melibatkan Program Studi Pendidikan Geografi UMP.

Menurut dosen Program Pendidikan Geografi Dr Anang Widhi Nirwansyah mengatakan, semenjak ditandatanganinya kesepakatan kerjasama yang tertuang dalam Memorandum of Agreement (MoA) dengan organisasi People’s Planet Project beberapa waktu lalu, Program Studi Pendidikan Geografi telah melakukan inisisasi untuk bersama mendukung komunitas Orang Rimba dalam bidang pelatihan pemetaan dan pengelolaan data geospasial.

“Kegiatan yang dinamakan GeoStory Camp ini difokuskan untuk komunitas Orang Rimba yang mendiami Taman Nasional Bukit Duabelas, Provinsi Jambi bersama People’s Planet Project (PPP) dan Sokola Rimba yang didirikan oleh Butet Manurung,” kata Dr Anang, Rabu (1/6/2021). 

Ia mengatakan, kegiatan ini juga melibatkan Bagas Widiyantoro mahasiswa Pendidikan Geografi Semester enam untuk melakukan pendampingan dan pelatihan pemetaan partisipatif dengan menggunakan teknologi Sistem Informasi Geografi (SIG) dan perangkat Global Positioning System (GPS) untuk masyarakat rimba. 

Dr. Anang yang juga menjabat sebagai Kaprodi Pendidikan Geografi menjelaskan bahwa mahasiswa sejak awal semester telah memiliki kemampuan penguasaan teknologi geospasial, SIG, dan penginderaan jauh. Selain itu skill utama mengajar sebagaimana seorang guru professional.

“Kegiatan yang mendapat pendanaan dari donor internasional JAC Trust ini juga didukung oleh UMP melalui kegiatan Penelitian Kerjasama Luar Negeri (KLN) di tahun 2022. Selain itu, kegiatan juga menerjunkan langsung Abdel Mandili, M.A (Excecutive Director PPP), Bianca Ines Pedro (Regional Coordinator Asia Pasific), serta Eko Krishna dari Perempuan AMMAN,” jelasnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut