get app
inews
Aa Read Next : KAI Daop 5 Purwokerto Catatkan Peningkatan Penumpang 20,9% Triwulan III Tahun 2024

HUT Ke-79 KAI, Daop 5 Purwokerto Berikan Penghargaan, Komitmen pada Keselamatan

Sabtu, 28 September 2024 | 14:08 WIB
header img
HUT Ke-79 KAI, Daop 5 Purwokerto Berikan Penghargaan, Komitmen pada Keselamatan. Foto: Dok Daop 5 Purwokerto

PURWOKERTO, iNewsCilacap.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto memperingati hari ulang tahun yang ke-79, Sabtu (28/9/2024). Pada peringatan HUT kali ini, KAI mengusung tema “Safety and Sustainability” pada peringatan HUT kali ini, untuk merepresentasikan jika safety menjadi prioritas utama dalam setiap operasional kereta api, baik keamanan penumpang, barang, hingga lingkungan.

Gun Gun Nugraha, Vice President Daerah Operasi 5 Purwokerto mengatakan jika KAI Daop 5 Purwokerto memberikan apresiasi kepada seluruh pelanggan yang telah menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan. Selain itu, Daop 5 Purwokerto juga mengajak masyarakat untuk dapat menggunakan kereta api sebagai transportasi massal yang mengutamakan keamanan, keselamatan dan kenyamanan serta tepat waktu.

"KAI Daop 5 Purwokerto juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat dan seluruh stakeholder yang telah mendukung kemajuan perkeretaapian Indonesia,” kata Gun Gun dalam keterangannya, Sabtu.

Gun Gun menjelaskan jika KAI Daop 5 Purwokerto telah melakukan sejumlah terobosan inovasi untuk dapat terus meningkatkan layanan kepada seluruh pelanggan. Selain itu Daop 5 Purwokerto juga ikut berperan serta dalam komitmen global dan nasional untuk pembangunan berkelanjutan atau Suistainable Development Goals (SDGs).

“Sejalan dengan tema HUT ke-79 KAI, Daop 5 Purwokerto pun turut berperan serta dalam perkembangan perkeretaapian berkelanjutan dan ramah lingkungan yang didukung dengan transformasi digital dalam aspek keselamatan dan pelayanan,” imbuhnya.

Adapun untuk kelestarian lingkungan, KAI Daop 5 gencar mendukung pengurangan sampah plastik melalui pemakaian plastik sekali pakai di kantor-kantor, depo dan resor di wilayah kerja KAI Daop 5 Purwokerto. Selain itu menyediakan dispenser air isi ulang di Stasiun Purwokerto dan Kroya.

Lebih lanjut, terkait dengan pemanfaatan energy, KAI Daop 5 Purwokerto juga telah memasang panel surya di empat stasiun seperti Stasiun Purwokerto, Cilacap, Kutoarjo, dan Kroya. Kemudian untuk penanganan perubahan iklim, KAI Daop 5 Purwokerto juga menerapkan green operation, dan berperan serta dalam gerakan sejuta pohon setiap tahunnya dengan melakukan penanaman aneka jenis tanaman hias, perdu ataupun buah-buahan di lingkungan kantor maupun stasiun. 

Sedangkan untuk transformasi digital, KAI Daop 5 Purwokerto juga telah menerapkan system boarding dengan e-boarding pass dan face recognition, termasuk penggunaan aplikasi Access by KAI dengan fitur-fitur pendukung. Kemudian inovasi jelang HUT ke-79 KAI, Daop 5 Purwokerto juga merubah sarana rangkaian kereta api Logawa dengan rangkaian stainless Steel new generation.

Lebih lanjut, Gun Gun menyampaikan jika animo masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api terus meningkat secara signifikan. Di mana tingkat okupansi angkutan penumpang sepanjang bulan Januari hingga 28 September 2024, Daop 5 Purwokerto telah mencatat sebanyak 2.923.952 penumpang, atau naik sebesar 119 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2023 yang hanya mengangkut 2.453.678 penumpang. 

Sementara untuk angkutan barang pada periode Januari-28 September 2023 hanya mengangkut 1.041.202 ton, sedangkan pada periode yang sama di tahun 2024 ini, sebanyak 1.106.593 ton, naik sekitar 6,3 persen jika dibandingkan tahun lalu.

“Inovasi dan capaian yang telah diraih Daop 5 Purwokerto tentunya merupakan hasil dari SDM yang kompeten," ujarnya.

Maka dari itu, dalam upacara peringatan HUT ke-79 KAI, Daop 5 Purwokerto memberikan apresiasi atas hasil kerja keras, sinergi dan kolaborasi insan KAI Daop 5 Purwokerto yang diwujudkan dalam bentuk pemberian penghargaan. 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut