get app
inews
Aa Read Next : Cilacap Jadi Tuan Rumah Bergengsi Pra Popda Banyumas 2024, PJ Bupati Cilacap: Selamat Bertanding

16 Makanan Khas Cilacap, Miliki Keunikan dan Menggugah Selera

Sabtu, 04 November 2023 | 17:39 WIB
header img
Makanan khas Cilacap, Brekecek pathak jahan Foto: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Anda dapat menyantap abon bercitarasa kuat ini dengan nasi yang masih hangat, sehingga akan terasa semakin nikmat.

10. Gembus 

Dilihat dari bentuknya gembus mirip dengan donat tetapi bahan yang digunakan singkong. Singkong yang masih mentah diparut lalu dicampur dengan pati dan bumbu-bumbu halus.

Setelah itu dikukus hingga matang, kemudian campurkan dengan tepung dan dibentuk bulat kecil-kecil lalu digoreng di atas minyak panas sampai matang baru dapat disantap.

11. Lotek Cilacap 

Makanan satu ini biasa Anda temukan di beberapa daerah di Jawa Barat, tetapi makanan ini memiliki kreasinya sendiri di Cilacap.

Masyarakat kota industri ini menyajikan lotek dengan cara yang khas yaitu tanpa telur rebus sebagai pelengkap. Sayuran yang dipakai telah direbus seperti kangkung, bayam dan toge lalu disiram dengan bumbu kacang yang khas aroma kencurnya.

12. Manggleng Singkong 

Manggleng singkong dimasak dengan bumbu yang sangat kaya, bahkan varian rasanya pun banyak, antara lain pedas, asin, dan pedas manis yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

13. Klanting

Klanting merupakan makanan yang hampir mirip dengan kerupuk, tetapi bentuknya seperti angka delapan. Tak jarang Anda juga menemukan bentuk lingkaran kecil dengan cita rasa gurih yang nikmat dipadukan dengan makanan apa saja.

14. Walangan 

Kudapan satu ini turut meramaikan makanan khas kota industri yang cukup digandrungi banyak orang. Walangan dapat Anda temukan di tempat-tempat yang menjual gorengan, tetapi citarasa yang disuguhkan gurih dan manis.

Gurih berasal dari balutan tepung terigu dan beras yang membuatnya renyah, sedangkan manis karena memakai pisang sebagai bahan utamanya.

15. Sup Gurami

Sup berkuah bening ini memakai bahan protein utama ikan gurami yang terkenal memiliki ikan gurih. Anda dapat menyantap hidangan ini dengan rasa segar di Cilacap dan terasa semakin cocok saat musim penghujan.

Awal yang dingin dapat dilawan dengan hangatnya sup gurami yang kaya akan rasa dan tidak ada lagi rasa amis dari dagingnya.

16. Olahan Sukun 

Sukun diolah menjadi stik atau keripik yang sangat renyah. Bentuk stik sukun ini berbentuk kotak memanjang dan digoreng hingga kering dengan cita rasa gurih yang nikmat. Makanan ini dapat dinikmati saat kumpul bersama keluarga.

Demikian 16 makanan khas Cilacap yang tak boleh Anda lewatkan ketika melancong ke kota ini.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut