get app
inews
Aa Read Next : Cilacap Jadi Tuan Rumah Bergengsi Pra Popda Banyumas 2024, PJ Bupati Cilacap: Selamat Bertanding

16 Makanan Khas Cilacap, Miliki Keunikan dan Menggugah Selera

Sabtu, 04 November 2023 | 17:39 WIB
header img
Makanan khas Cilacap, Brekecek pathak jahan Foto: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Untuk menemukannya Anda dapat berkunjung ke pasar dengan kemasan yang praktis sehingga dapat dibawa kemana saja.

5. Mendoan Tempe 

Mendoan jadi santapan yang terkenal dan enak dari kota ini sehingga banyak dicari oleh pelancong dari luar kota yang seringkali membelinya dalam jumlah banyak.

Pada dasarnya makanan ini terbuat dari tempe yang diiris dengan ketebalan tertentu lalu digoreng dengan balutan tepung yang membuatnya terasa lebih renyah.

Suguhan ini akan semakin nikmat karena ada tambahan daun kucai, bawang dan ketumbar yang menonjol di tengah gumpalan tepung.

Mendoan tempe ini akan semakin nikmat bila disantap dalam keadaan masih hangat.

6. Tempe Dages  

Tempe dages hampir sama dengan hidangan sebelumnya yaitu mendoan karena balutannya juga pakai tepung. Tempe dages merupakan hasil fermentasi beberapa waktu dari ampas tahu.

Itulah sebabnya warna tempe ini akan tampak kehitaman meskipun telah dibalut dengan tepung, namun makanan satu ini cukup digemari oleh masyarakat Cilacap.

7. Rempeyek Yutuk 

Tak banyak orang yang familiar dengan istilah rempeyek yutuk, karena hanya akan anda temukan Kota Wisata Cilacap. Yutuk merupakan sejenis kepiting.

Namun, dari segi bentuk tidak terlalu besar dan kulit hewan ini tak sekeras kepiting, sehingga masih dapat dinikmati, bahkan membuat makanan satu ini semakin renyah.

Rempeyek Yutuk dibuat dengan bahan dasar pada umumnya yaitu tepung beras, terigu, dan tapioka serta bumbu khusus.

8. Tahu Brontak 

Secara sekilas jajanan satu ini mirip dengan tahu isi yang biasa ditemukan di kota lain, tetapi tahu berontak ini dibuat dengan cara yang berbeda sehingga rasanya lebih nikmat.

Tahu brontak berisi kecambah dan kol, lalu dicelupkan ke dalam kuah santa nyang telah dicampur dengan bumbu halus. Setelah dicelupkan Tahu Brontak dimasukkan ke dalam minyak yang telah panas dan digoreng kering kemudian siap disajikan.

9. Abon Tuna 

Abon pada umumnya memakai daging sapi sebagai bahan utama, tetapi di Cilacap memakai tuna sebagai penggantinya. Makanan ini dibuat dengan tekstur yang sangat halus sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut