get app
inews
Aa Read Next : Lokasi Penguburan Korban Pembunuhan Dukun Slamet Tohari Jadi Tempat Wisata Dadakan

Hujan Abu Gunung Merapi Dilaporkan sampai Banjarnegara

Senin, 13 Maret 2023 | 08:45 WIB
header img
Hujan abu menyelimuti jalan protokol di Temanggung, Minggu (12/3) pagi. (Foto: Didik Dono Hartono/iNews)

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyampaikan, hujan abu tipis menyelimuti Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (12/3/2023). Hujan abu tipis akibat awan panas guguran ini menjangkau hingga Kalibening, Banjarnegara, yang jaraknya mencapai sekitar 96 km dari Gunung Merapi.

Kepala BPPTKG, Agus Budi Santoso menuturkan, sejak Gunung Merapi erupsi pada Sabtu (11/3/2023), tercatat terjadi sebanyak 54 awan panas guguran.

“Yang paling jauh ini dilaporkan terjadi hujan abu tipis di Kalibening Banjarnegara, ini sekitar jarak 96 km,” ucap Agus saat konferensi pers secara virtual dikutip, Senin (13/3/2023).

Agus menambahkan, semua kejadian awan panas guguran yang dimuntahkan Gunung Merapi mengarah ke Kali Bebeng atau Kali Krasak.

“Jadi kenapa kami sebut Kali Bebeng atau Kali Krasak karena ada dua cabang hulu sungai yaitu Bebeng Krasak yang itu kemudian menyatu membentuk Sungai Krasak seperti itu. Jadi dominan adalah ke arah ke arah barat laut ya, karena memang anginnya mengarah ke sana,” katanya.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut