get app
inews
Aa Read Next : Cilacap Jadi Tuan Rumah Bergengsi Pra Popda Banyumas 2024, PJ Bupati Cilacap: Selamat Bertanding

Kisah Benteng Karang Bolong di Cilacap, Suasananya Bikin Pengunjung Merinding 

Sabtu, 04 Maret 2023 | 17:19 WIB
header img
Mengintip Benteng Karang Bolong di Cilacap (Foto: Instagram @andrieriyanto)

Bangunan Benteng Karang Bolong 

Benteng Karang Bolong terdiri dari beberapa ruangan yang besar. Beberapa ruangan tersebut antara lain barak prajurit, ruang tahanan, ruangan logistik, bangunan pengintai, gudang amunisi, tempat meriam, aula dan ruang absen untuk para prajurit Belanda. Setelah melewati gerbang, pengunjung dapat naik ke bagian utama benteng. Menurut cerita, di ruangan tersebut terdapat tempat yang dilakukan untuk pembantaian para pekerja yang tak lagi bisa bekerja karena sakit. 

Material bangunan benteng Karang Bolong, yaitu batuan kapur yang memiliki bentuk tembok yang tebal. Selain itu juga, tembok itu digunakan penguat struktur, karena di zaman dulu belum ditemukan teknologi beton bertulang.

"Strukturnya itu dari bebatuan kapur dan kalau dilihat di belakang, temboknya sangat tebal, itu digunakan sebagai penguat struktur. Karena saat itu belum ditemukan teknologi beton bertulang. Untuk arsitekturnya bentuknya ke Eropa, tapi lebih Eropa Selatan," kata om Hao yang dikutip dari kanal YouTube Kisah Tanah Jawa.

Asal usul nama Benteng Karang Bolong

Menurut cerita warga sekitar, penamaan Benteng Karang Bolong terinspirasi dari keberadaan karang besar yang terletak di sudut Pantai Pasir Putih. Karang tersebut memiliki lubang (bolong) di bagian tengahnya. Konon, lubang tersebut dulunya digunakan untuk mengintai kapal-kapal musuh yang akan singgah di Pulau Nusakambangan.

Itulah seputar Benteng Karang Bolong di Cilacap yang membuat merinding pengunjung yang singgah.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut